ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA POSPAY DI PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG SAMBAS

Zulyanti ., Fenni Supriadi

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pembayaran Pospay di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Sambas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survey, yaitu merupakan penelitian yang diambil suatu sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang menjadi konsumen pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Sambas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan jasa Pospay di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Sambas, menunjukkan bahwa responden memberikan tanggapan (positif) dimana kualitas pada indikator bukti fisik (tangible) sebesar 0,078, keandalan (reliability) sebesar 0,024, daya tanggap (responsiveness) sebesar 0,068, jaminan (assurance) sebesar 0,038 serta empati (empathy) sebesar 0,052. Ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan pembayaran Pospay di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Sambas baik. Terkait penilaian responden terhadap kualitas pelayanan Pembayaran Pospay di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Sambas yang diharapkan dengan pelayanan yang diterima menunjukkan bahwa responden memberikan tanggapan sesuai harapan kelima dimensi sebesar 0,05.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pospay, Pos Indonesia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Husein Umar. 2003. Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Masri Singarimbun. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

M. Hariwijaya Djaelani. 2004. Metode Penelitian, Jakarta: CV. Alfabeta.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid Dua, Edisi Ketigabelas, Cetakan Keempat. Penerbit Indeks.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Edisi III, Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis, Edisi II, Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, 2005. Pemasaran Jasa, Edisi I, Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Andi. Yogyakarta

Tjiptono, 2006. Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Andi

Tjiptono, 2007. Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta: Andi.

Yunarto, 2010, Metode Penelitian, CV Alfabeta, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i2.835

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics