ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SERVICE HANDPHONE DAN SMARTPHONE PADA TOKO KS PONSEL SUKADANA

Zarkiyah Ramadhaniah

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan service handphone dan smartphone pada Toko KS Ponsel Sukadana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survei, yaitu merupakan penelitian yang diambil suatu sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang menjadi konsumen pada Toko KS Ponsel Sukadana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan service handphone dan smartphone pada Toko KS Ponsel Sukadana menunjukkan bahwa responden memberikan tanggapan tidak baik (-), di mana nilai gap < 1 pada indikator bukti fisik (tangible) sebesar -0,63, keandalan (reliability) sebesar -074, daya tanggap (responsiveness) sebesar -1,42, jaminan (assurance) sebesar -0,16 serta empati (empathy) sebesar -0,65. Ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan service handphone dan smartphone pada Toko KS Ponsel Sukadana harus terus ditingkatkan. Terkait penilaian responden terhadap kualitas pelayanan service handphone dan smartphone pada Toko KS Ponsel Sukadana yang diharapkan dengan pelayanan yang diterima menunjukkan bahwa responden memberikan tanggapan tidak sesuai harapan kelima dimensi sebesar -0,72.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Service, Smartphone

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmawati dan Wahyuddin, 2007, Manajemen Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Erfiana, 2014, Analisis Kualitas Pelayanan di Restoran Jepang Saboten Shakudo Malang, Universitas Brawijaya, Malang

Eva Z. Yusuf dan Lesley Williams, 2007, Manajemen Pemasaran Studi Kasus Indonesia, Penerbit PPM, Jakarta

Gaspersz, 2002, Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, CV. Alfabeta, Jakarta

Kotler, Keller dan Gary Armstrong, 2008, Prinsip - Prinsip Pemasaran, Jilid I, Edisi Duabelas, Penerbit Erlangga, Bandung

Lupiyoadi dan A. Hamdani, 2009, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi II, Salemba Empat, Jakarta

Masri Singarimbun, 2005, Metode Penelitian Kuantitatif, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Parasuraman, 1985, Metode Servqual, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Payne, Adrian, 2000, The Essence Of Service Marketing, Andi, Yogyakarta

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2005, Manajemen Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Jilid Satu, Edisi Ketigabelas, Penerbit Erlangga, Bandung

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2013, Manajemen Pemasaran Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Saputra, 2014, Analisis Kualitas Pelayanan Pada Rumah Makan Metro Bengkulu, Universitas Bengkulu, Bengkulu

Sugiyono, 2002, Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Edisi III, CV. Alfabeta, Bandung

Sugiyono, 2009, Metodologi Penelitian Bisnis, Edisi II, CV. Alfabeta, Bandung

Tjiptono, 2006, Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Andi, Yogyakarta

Tjiptono, 2008, Service Management, Andi, Yogyakarta

Tjiptono, 2014, Pemasaran Jasa, Andi, Yogyakarta

Yunarto, 2010, Metode Penelitian, CV Alfabeta, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics