PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEMBELI SPAREPART MOBIL PADA JW MOTOR DI PONTIANAK

Yuliatin .

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak. Sesuai dengan permasalahan yang dikemukakan diatas, maka yang menjadi tujuan di dalam penelitian yang hendak dicapai dan dilakukan oleh penulis adalah “untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak.

Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri baik satu variabel (independen) tanpa membuat perbandingan atau mengubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli Sparepart mobil Pada JW MOTOR di Pontianak. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 100 responden yang diambil secara accidental sampling dari seluruh konsumen yang membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak

Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan persamaan atau estimasi regresi yang dapat dituliskan: Ŷ = 1,760 + 0,640X yang artinya nilai koefisien regresi (β) sebesar 1,760 menerangkan bahwa apabila kepuasan konsumen 0 (nol), maka loyalitas konsumen membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak sebesar 1,760. Apabila loyalitas konsumen meningkat sebesar satu satuan maka keputusan konsumen membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak akan meningkat sebesar 0,640 satuan. Dari hasil analisis korelasi sederhana (r) menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang rendah antara kepuasan dengan loyalitas konsumen. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,150. Hal ini berarti bahwa 15,0% loyalitas konsumen membeli sparepart mobil pada JW MOTOR di Pontianak dapat dijelaskan oleh kepuasan, sedangkan sisanya yaitu sebesar 85,0% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisaputro, Gunawan, 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajrianthi, dan Farrah, Zatul. 2005. Strategi Perluasan Merek dan Loyalitas Konsumen. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Insan Vol. 7 No. 3: 276-288.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hariwijaya, dan Bisri M. Djaelani. 2004. Teknik Menulis dan Tesis. Yogyakarta: Hanggar Kreator.

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Irine, Diana Sari W. 2009. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran (Terjemahan Bahasa Indonesia). Edisi Kesebelas. Jilid 1. Jakarta: PT. Prehalindo.

Kotler Philip, dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1.Penerbit: PT. Indeks. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Selemba Empat.

Mardalis, Ahmad. 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan. Surakarta: Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis. Volume 9, No. 2, 2005: 111-119.

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.

Narimawati, Umi. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Nazir, Moh. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang dkk. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.

Tjiptono, Fandy dan Gregodius Chandra. 2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2012. Services Management: Mewujudkan Layanan Prima. Edisi II. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i2.831

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics