ANALISIS PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI KAIN SONGKET SAMBAS PADA ASWATI SONGKET SAMBAS

Yuhanis .

Sari


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : Apakah produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Kain Songket Sambas pada Aswati Songket Sambas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan harga terhadap keputusan konsumen membeli Kain Songket Sambas pada Aswati Songket Sambas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dari jumlah populasi pembeli kain songket Sambas yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling pengumpulan sampel secara sengaja.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, diperoleh persamaan regresi yaitu               Y = 3,107 + 0,262X1 + 0,086X2 persamaan atau estimasi regresi menerangkan bahwa apabila produk dan harga sama dengan 0 (nol) maka keputusan konsumen untuk membeli kain songket Sambas di Aswati Songket Sambas bernilai 3,107. Koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,440 hubungan antara produk dan harga terhadap keputusan konsumen membeli kain songket Sambas pada Aswati Songket Sambas adalah sedang. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan  bahwa sebanyak 19,3%, keputusan konsumen membeli kain songket Sambas dipengaruhi oleh variabel produk dan harga dan sisanya sebanyak 80,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil uji pengaruh simultan (uji F) menunjukkan bahwa produk dan harga secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli kain songket Sambas di Aswati Songket Sambas. Uji pengaruh parsial (uji t) menunjukkan bahwa produk dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli kain songket Sambas di Aswati Songket Sambas.

 

Kata kunci: Produk, Harga, Keputusan Konsumen, Songket Sambas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisaputro, 2010. Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Arikunto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit : Universitas Diponegoro, Semarang.

Hariwijaya, Bisri M. Djaelani. 2004. Teknik Menulis Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Hanggar Kreator.

Kotler, Philip. 2008. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

-----------------. 2005. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prebalindo.

-----------------. 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Khotler, Philip dan Garry Amstrong, 2004. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi ke Sembilan, Jilid Satu. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keler, 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 2 Edisi 13. Jakarta.

Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep dan Praktik Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Locana Dewi Ayuningtyas. 2015. Pengaruh Harga, Promosi, Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Elzatta. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Surabaya.

(https://id.scribd.com/doc/268341582/pengaruh-harga-promosi-merek-dan-kualitas-produk-terhadap-keputusan-pembelian-jilbab-elzatta-di-royal-plaza-surabaya). Di akses 11 Agustus 2016.

Ita Nurcholifah. 2012. Manajemen Pemasaran Pontianak, STAIN Pontianak Press.

Riduwan M.B.A.M.Pd. 2010. Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Ratih Hurriyati, 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Setiyo Budiadi. 2012. Pengaruh Kualitas, Desain dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopiah Merek Gading Gajah Gresik. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Surabaya.

(https://id.scribd.com/doc/224929962/pengaruh-kualitas-produk-desain-produk-dan-harga-terhadap-keputusan-pembeliankopiah-merek-gading-gajah-gresik). Di akses 11 Agustus 2016.

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Bisnis Cetakan Keenam. Bandung: Alfabeta.

-------------, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

------------, 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Ibnu Sukotjo, 2002. Pengantar Bisnis Modern. Cetakan ketiga, Liberty, Yogyakarta.

Widarjono, Agus. 2005. Ekonometrika Teori dan Aplikasi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Pertama. Ekonisia Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics