ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP JASA PINJAMAN SIMAPAN PADA CREDIT UNION KHATULISTIWA BAKTI PONTIANAK KANTOR PELAYANAN SIMPANG TIGA

Wahdah Wahdah, Edy Suryadi, Dedi Hariyanto Wahdah Wahdah
Edy Suryadi
Dedi Hariyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepuasan Anggota Terhadap Jasa Pinjaman Simapan pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Pontianak Kantor Pelayanan Simpang Tiga.   Bentuk penelitian ini adalah deskriptif dan metode yang digunakan adalah survey, yaitu data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner.   Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa layanan yang menggunakan jasa pinjaman simapan CUKB KP Simpang Tiga tahun 2015, yaitu sebanyak 152 anggota, sedangkan sampel sebanyak 115 responden dengan cara Purposive Sampling, dengan mempertimbangkan anggota yang meminjam di CUKB Kantor Pelayanan  Simpang  Tiga  yang  menggunakan  jasa  pinjaman simapan minimal dua (2) kali. Variabel yang digunakan dalam  penelitian  ini  menggunakan 5 (lima) dimensi kualitas jasa,  yaitu Reliabilitas, Daya  Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik. Variabel ini diukur menggunakan Metode Tingkat Kesesuaian dan Metode Diagram Kartesius.

Hasil penelitian berdasarkan metode tingkat kesesuaian diketahui nilai rata- rata kepuasan sebesar 4,18 dan nilai rata-rata kepentingan sebesar 4,44.   Jadi, anggota masih merasa belum puas pada jasa pinjaman simapan yang diberikan. Sedangkan berdasarkan diagram kartesius diketahui kedudukan 23 (dua puluh tiga) atribut yang mempengaruhi kepuasan anggota CUKB KP Simpang Tiga, dimana Kuadran A tidak ada atribut; Kuadran B sebanyak 11 (sebelas) atribut sehingga CUKB KP Simpang Tiga cukup  penyempurnaan  kinerja  variabel tersebut; Kuadran C sebanyak 12 (dua belas) atribut sehingga CUKB KP Simpang Tiga perlu melakukan perbaikan; dan Kuadran D tidak ada atribut.

 

Kata Kunci: Kepuasan, Jasa Pinjaman, Credit Union.

References


Anto Dajan, 1986. Pengantar Metode Statistik Jilid I, PT. Pustaka LP3ES Indonesia

Etta Mamang Sangadji, Sopiah, 2013. Perilaku Konsumen, Andi, Yogyakarta. Fandy Tjiptono, 2004. Manajemen Jasa, Andi, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono, 2014. Pemasaran Jasa, Andi, Yogyakarta.

Ferdinansyah, Winarni E., 2012. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Utan Kayu, Jakarta.

Husein Umar, 2004. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Husna Asmara, 2007. Penulisan Karya Ilmiah, Fahruna Bahagia, Pontianak.

Miftah Thoha, 2008. Perilaku Organisasi; Konsep Dasar dan Aplikasinya, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Philip Kotler, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Alih Bahasa, Hendra Teguh, Ronny A., Rusli dan Benyamin Molan, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Sugiyono, Eri Wibowo, 2004. Statistika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i2.827

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF (Bahasa Indonesia) views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.