PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA ALILA RESTO DAN CAFE PONTIANAK

Uray Hanum Agustianti, Fenni Supriadi

Sari


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : Apakah bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan konsumen pada Alila Resto dan Cafe Pontianak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen pada Alila Resto dan Cafe Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Alila Resto dan Cafe dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji vadilitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R2), dan uji kelayakan model.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Hasil uji validitas dan reliabilitas variabel bauran pemasaran dan keputusan konsumen menunjukkan semua item (pernyataan) valid dan reliabel. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi Kolmogorov-Smirnov lebih besar dari 0,05 atau 0,01, yang berarti bahwa data yang diuji berdistribusi normal.Analisis regresi linear sederhana menunjukkan persamaaan Y = 0,785 + 0,792X yang artinya jika bauran pemasaran bernilai 0 (nol), maka keputusan pembelian bernilai 0,785 dan jika nilai variabel bauran pemasaran meningkat sebesar satu satuan maka nilai keputusan konsumen pada Alila Resto dan Cafe akan meningkat sebesar 0,792. Koefisien korelasi sederhana menunjukkan nilai R sebesar 0,553 hubungan antara bauran pemasaran dan keputusan pembelian pada Alila Resto dan Cafe adalah sedang. Koefisien determinasi menunjukkan nilai R2 sebesar 0,306 yang artinya pengaruh bauran pemasaran terhadap variasi naik turunnya keputusan konsumen pada Alila Resto dan Cafe sebesar 30,6% dan sisanya 69,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Uji kelayakan model menunjukkan nilai F hitung 43,131 > F tabel 2,09 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005, artinya model regresi linear sederhana tersebut dapat digunakan untuk memprediksi keputusan konsumen pada Alila Resto dan Cafe yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran.

 

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Konsumen, Alila Resto.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisaputro, Gunawan, 2010, Manajemen Pemasaran: Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran, UUP STI, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Ayodya, R. Wulan, 2007, Kursus Singkat Usaha Rumah Makan Laris Manis, PT. Elex Media Kumputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Dharmmesta, Basu Swastha, dan T. Hani Handoko, 2012, Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta.

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hariwijaya, M., dan Bisri M. Djaelani, 2004, Teknik Menulis Skripsi dan Thesis, Zenith Publisher, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu, 2011, Organisasi dan Motivasi dan Dasar-dasar Peningkatan Produktivitas, Bumi aksara, Jakarta.

Hurriyati, Ratih, 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung.

Kotler, Philip, 2005, Manajamen Pemasaran, Edisi Sebelas, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Dua Belas, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid I & II, PT. Indeks, Jakarta.

Kurniawan, Albert, 2014, Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisis Teori, Konsep dan Produk Praktik Penelitian Bisnis, Alfabeta, Jakarta.

Nugroho, Setiadi, 2003, Perilaku Konsumen, PT. Kencana, Jakarta.

Nurcholifah, Ita, 2012, Manajemen Pemasaran, STAIN Press (Anggota IKAPI), Pontianak.

Payne, 2001, Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen pada rumah makan rawon setan di Surabaya, Vol 2, No 3, hal 1-14.

Riduwan, 2005, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Riduwan, 2010, Dasar-dasar Statistika, Edisi Revisi, Cetakan Kedelapan, Alfabeta, Bandung.

Simamora, 2004, Panduan Riset Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Suarthana, 2006, Manajemen Perhotelan edisi Kantor Depan, Mapindo, Kuta Utara.

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Setiawan, Wilson, 2014, Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G di Surabaya, Vol 2, No 1, hal 2-8.

Umar, Husein, 2005, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i2.826

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics