ANALISIS BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENJADI NASABAH ASURANSI MANDIRI SEJAHTERA MAPAN PADA PT. AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES BANK MANDIRI CABANG PONTIANAK

Tri Diyaningtiyas

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan menjadi nasabah asuransi Mandiri Sejahtera Mapan pada PT. AXA Mandiri Financial Services Bank Mandiri Cabang Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu data primer yang terdiri dari: pengamatan, wawancara, kuesioner dan data sekunder, data skunder berupa studi dokumenter. Populasinya adalah semua pemegang polis asuransi Mandiri Sejahtera Mapan yang ada di Kota Pontianak dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yakni sampel nasabah asuransi Mandiri Sejahtera Mapan dengan kriteria telah mengikuti dan menjadi nasabah aktif produk asuransi ini selama satu tahun dan berdomisili di Kota Pontianak.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang pengolahan datanya dengan SPSS for windows 17.00. Analisis regresi sederhana bertujuan untuk mengetahui bauran promosi terhadap keputusan menjadi nasabah asuransi Mandiri Sejahtera Mapan pada PT. AXA Mandiri Financial Services Bank Mandiri Cabang Pontianak.

Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien korelasi sederhana (R) yang diperoleh adalah sebesar 0,623 dan menunjukkan hubungan bauran promosi terhadap keputusan menjadi nasabah asuransi Mandiri Sejahtera Mapan pada PT. AXA Mandiri Financial Services Bank Mandiri Cabang Pontianak adalah  kuat, karena  0,623 berada pada rentang  0,600 – 0,799. Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah sebesar 0,388. Artinya pengaruh bauran promosi terhadap variasi naik turunnya keputusan menjadi nasabah Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan Pada PT. AXA Mandiri Financial Services Bank Mandiri Cabang Pontianak adalah sebesar 38,80%, dan sisanya sebesar 61,20% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Pengujian  uji kelayakan  model (Uji F) ini menunjukkan nilai F hitung yakni  62,233 > 3,09 (F tabel). Sedangkan nilai signifikansi F tersebut 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa model regresi sederhana dapat digunakan  untuk memprediksi keputusan menjadi nasabah Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan yang dipengaruhi oleh bauran promosi PT. AXA Mandiri Financial Services Bank Mandiri Cabang Pontianak.

 

Kata Kunci: Bauran Promosi, Keputusan Konsumen, AXA Mandiri.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, edisi revisi kelima. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dharmmesta dan Handoko, 2004, Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.

Djojosoedarso, S. 2003. Prinsip-Prinsip Manajemen Resiko dan Asuransi, Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Kasali, Rhenald. 2005, Membidik Pasar Indonesia Segmentasi, Targeting Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Keduabelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani A. 2006, .Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Manullang. M. 2004. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Yogyakarta: Liberty.

Purba, Radiks. 2002. Asuransi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Saladin, Djaslim, 2006. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Bandung: CV Linda Karya.

Simamora, Bilson, 2004. Membongkar Kotak Hitam, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Sumarni, Murti dan Wahyuni, Salamah. 2003. Metode Penelitian Bisnis, Yogjakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2005.Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Undang-undang Nomor . 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics