PENGARUH PRODUK, HARGA DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI BUAH DI TOKO BUAH ASUA PONTIANAK

Tomi Ardian

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan tempat terhadap keputusan konsumen membeli buah di Toko Buah Asua Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli buah di Toko Buah Asua Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang pernah membeli buah di Toko Buah Asua Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan wawancara, serta pengumpulan data skunder menggunakan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kuantitatif meliputi uji vadilitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, uji simultan (F) dan uji parsial (t).

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa secara simultan produk, harga dan tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dan secara parsial yang memiliki pengaruh adalah produk dan harga, sedangkan tempat tidak berpengaruh signifikan. Produk, harga dan tempat memiliki hubungan yang kuat terhadap keputusan konsumen membeli buah di Toko Buah Asua Pontianak.

 

Kata Kunci: Produk, Harga,Tempat, Keputusan Konsumen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi kedua. Pustaka Belajar : Yogyakarta.

Buchari, Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, CV Altabeta, Bandung.

Danang, Sunyoto. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: CAPS (Center of Academic Publishing Service)

Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran ,Edisi Pertama. Graha Ilmu :

Yogyakarta.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hariwijaya, M dan Bisri M. Djaelani.2004. Teknik Menulis Skripsi dan Thesis. Zenith Publisher: Yogyakarta.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV.Alfabeta, Bandung.

Istijanto. 2006. Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Jurnal Indra Septio Tarmanto, “Pengaruh Produk, Harga dan Tempat Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kartu Telkomsel Di Bumilindo”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 1, No. 6 (2012).

Kotler, Philip. Alih Bahasa : Benyamin Molan. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 1. PT. Intan Sejatei Klaten. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Line Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid1. Edisi Keduabelas, PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin K. Keller.2009. Manajemen Pemasaran Terj. Bob Sabran, 13 Jilid 1 dan 2, Penerbit: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid kesatu. Edisi kedua belas. Alih Bahasa:Bob Sabran. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid kesatu. Edisi ketiga belas. Alih Bahasa:Bob Sabran. Erlangga: Jakarta.

Lexy J. Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. XVII. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Murti Sumarni dan John Soeprihanto, 2013, Pengantar Bisnis, Jilid1. Edisi Ke Lima.

Nucholifah, Ita. 2012. Manajemen Pemasaran, STAIN Pontianak Press. Pontianak.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta: Bandung.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. GramediaPustakaUtama. Jakarta.

Siregar, Sofiyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Afabeta: Bandung.

_______ 2007. Metode Penelitian Administrasi.Alfabeta : Bandung.

_______ 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta: Bandung.

_______ 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta: Bandung.

_______ 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta : Bandung.

_______ 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-17. Alfabeta: Bandung.

Swastha Dharmesta, Basu dan Handoko, T. Hani (2000). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. BPFE-Yogyakarta : Yogyakarta.

Thamrin Abdullah dan Francis Tantri, 2012, Manajemen Pemasaran, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Unikom: Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics