PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA PT. DUTA PERTIWI NUSANTARA

Tino Akbar

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan pada PT. Duta Pertiwi Nusantara. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 77 orang. Dengan alat analisis data persamaan regresi linier sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independent (X) atau kepuasan kerja terhadap variabel dependent (Y) atau loyalitas karyawan

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (Y) = -0,256 + 1,068 (X). Artinya jika kepuasan kerja di PT. Duta Pertiwi Nusantara (X) bernilai 0 (nol) maka loyalitas karyawan di PT. Duta Pertiwi Nusantara akan bernilai -0,256. Nilai koefisien regresi sederhana variabel kepuasan kerja (X) yang diperoleh regresi sebesar 1,068 artinya jika nilai kepuasan kerja di PT. Duta Pertiwi Nusantara (X) meningkat sebesar satu satuan, maka loyalitas karyawan di PT. Duta Pertiwi Nusantara akan naik sebesar 1,068. nilai koefisien korelasi (R) yang diperoleh dari hasil pengolahan data adalah sebesar 0,897 yang artinya bahwa hubungan antara kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan di PT. Duta Pertiwi Nusantara adalah sangat kuat. nilai koefisien determinasi (R²) yang diperoleh dalam penelitian ini seperti yang terlihat pada adalah 0,805 yang artinya bahwa kontribusi variabel kepuasan kerja dalam mempengaruhi naik turunnya loyalitas karyawan di PT. Duta Pertiwi Nusantara sebesar 80,5% dan sisanya 19,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Nilai Fhitung sebesar 309,455 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 sedangkan Ftabel sebesar 3,97 dengan taraf signifikansi 0,05 (5%). Hal ini dapat disimpulkan bahwa nilai Fhitung> Ftabel, yaitu 309,455 > 3,97, sedangkan tingkat signifikansi dengan nilai sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian pada kecocokan model (Uji F) menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model regresi linier dapat digunakan untuk memprediksi nilai Loyalitas Karyawan yang dipengaruhi oleh Kepuasan Kerja pada PT. Duta Pertiwi Nusantara.

 

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Loyalitas Karyawan, PT. Duta Pertiwi Nusantara.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Husein, Umar, 2005. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Istijanto.2005. Riset Sumber Daya Manusia, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

I Gusti, Bagus, Ray, Utama. 2016 Pengantar Industri Pariwisata, Budi Utama, Yogyakarta.

Nitisemito, Alex S. 2002. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia, Ghalia Indonesia. Jakarta.

Malayu, S.P. Hasibuan. 2007 Manajamen Sumber Daya Manusia, cetakan ke sembilan, Bumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar, Prabu. 2005. Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Poerwadarminta, W.J.S. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Tiga. Cetakan Kedua. Balai Pustaka, Jakarta.

Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A. 2009. Perilaku Organisasi, Edisi Kedua Belas, Buku Pertama, Salemba Empat : Jakarta.

Siregar, Syofian 2012. Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif, Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & d Alfabeta, Jakarta.

Wibowo, 2011. Manajemen Kinerja, Edisi Ketiga. Rajawali Pers. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics