PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KOPI KAPAL API DI KOTA PONTIANAK

Sehariyo Wijoyo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek (brand image) terhadap keputusan  konsumen membeli produk Kopi Kapal Api di Kota Pontianak. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Fastrata Buana cabang Pontianak. Motode penelitian yang digunakan yakni dengan metode statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis data adalah  uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji multikolonieritas, uji statistik yaitu analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R2), dan uji kelayakan model (uji statistik F) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikansi citra merek (brand image) terhadap pengambilan keputusan pembelian Kopi Kapal Api.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua item pernyataan dalam kuesioner yang digunakan untuk mengukur variabel citra merek (X) dan keputusan pembelian konsumen (Y) adalah valid dan reliabel. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa model regresi sesuai asumsi normalitas dan layak digunakan. Hasil uji multikolinearitas menunjukkan bahwa variabel bebas (citra merek) yang digunakan sebagai prediktor dalam penelitian ini tidak menunjukkan adanya gejala multikolinearitas dan layak digunakan. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan : Y = 16,612 + 0,114X. Hasil analisis koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,114, artinya hubungan antara citra merek dan keputusan pembelian sangat rendah. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R2 sebesar 0,003, artinya bahwa 0,3% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek dan sisanya sebesar 99,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji kelayakan model menunjukkan nilai Fhitung (1,294) < Ftabel (3,94), dan nilai signifikansi 0,258 < 0,05 (α), artinya model regresi linear sederhana tidak dapat digunakan untuk memprediksi keputusan konsumen dalam pembelian produk kopi Kapal Api yang dipengaruhi oleh citra merek.

 

Kata kunci: Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kopi Kapal Api.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambadar, Jacky, Miranty Abidin dan Yanti Isa, 2007, Mengelola Merek, Yayasan Binakarsa Mandiri, Jakarta.

Angio, Ikbal, 2013, Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Soul di Kota Gorontalo (Studi Kasus Pada PT. Hasjrat Abadi), KIM, Vol. 01. (01). 1-14.

Dharmmesta, Basu Swastha dan T. Hani Handoko, 2012, Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, BPFE-Yogyakarta, Jakarta.

Fajrianthi, dan Zatul Farrah, 2005, Strategi Perluasan Merek dan Loyalitas Konsumen, INSAN, Vol. 7 (03). 276-288.

Ferrinadewi, Erna, 2009, Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ghozali, Imam, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., and Anderson, R.E, 2010, Multivariate Data Analysis, 7th edition, Prentice Hall, Upper Saddle River.

Hamid, Abdul, 2007, Pedoman Penulisan Skripsi, FEIS, Jakarta.

Keller, KL, 2003, Strategic Brand Management, Building Measurement and Managing Brand Equity, Pearson Education Internasional, Upper Sadle River NJ.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Keduabelas. Jilid 1, Cetakan III, PT. Indeks, Jakarta.

_______, 2009, Manajemen Pemasaran Edisi 13, PT. Indeks, Jakarta.

Musay, Fransisca Paramitasari, 2013, Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen KFC Kawi Malang) Administrasi Bisnis, Vol. 3 (2). 1-7.

Oentoro, Deliyanti, 2012, Manajemen Pemasaran Modern, Laks Bang PRESSindo, Yogyakarta.

Rahman, Arif, 2010, Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business Cara Jitu Merontokkan Pesaing, Trans Media, Jakarta.

Roslina, 2010, Citra Merek. Dimensi Proses Pengembangan serta Pengukurannya, Bisnis Manajemen, Vol. 6 (3), 333-346.

Ruslan, Rosady, 2006, Metode Penelitian, Public Relations & Komuniasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Simamora, Bilson, 2008, Penerapan Prinsip-Prinsip Pemasaran, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan, Cetakan Ke-22, Alfabeta, Bandung.

Sutisna dan Pawitra, 2001, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, PT. Remaja Rosdakarya, Jakarta.

Thamrin, Abdullah dan Francis Tantri, 2016, Manajemen Pemasaran, Cetakan ke-5, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2007, Pemasaran jasa, Bayu Media Publishing, Malang.

Wahyono, Teguh, 2012, Analisis Statistik Mudah dengan SPSS 20, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i2.819

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics