PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PADA PD. LOUTI MEBEL KECAMATAN TEBAS

Ropikoh .

Sari


Dewasa ini hampir seluruh masyarakat terutama yang sudah berumah tangga sangat membutuhkan perabot rumah tangga untuk memperindah rumah. PD. Mebel Louti  adalah salah satu perusahaan industri yang memproduksi perabot rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Lemari Pada PD. Louti Mebel Kec. Tebas”.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli lemari pada PD. Louti Mebel dengan sampel sebanyak 100  responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode incidental sampling. Analisis data yang dilakukkan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji kelayakan model.

Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen bauran pemasaran dan keputusan pembelian ulang menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan dalam kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Hasil regresi linear sederhana menunjukkan persamaan : Y = 1,599 +0,501 X. Hasil uji koefisien korelasi 0,422 terdapat korelasi antara bauran pemasaran dengan keputusan Konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang rendah dan positif antara bauran pemasaran dengan keputusan konsumen membeli lemari pada PD. Louti Mebel.

Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,195, yang berarti bahwa 19,5% keputusan membeli lemari pada PD. Louti Mebel dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran sedangkan sisanya sebesar 80,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji kecocokan model diperoleh nilai F hitung (23,743) lebih besar dari F tabel (3,94) dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 (lebih kecil dari 0,05), artinya model regresi linear sederhana tersebut dapat digunakan untuk memprediksi keputusan konsumen yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran.

 

Kata kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, PD. Louti.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Buchari, Alma. 2007. Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Basu, Swastha. 2013. Analisis Perilaku Konsumen, Penerbit : Edisi 1. Yogyakarta.

Djaslim, Saladin. (2007). Manajemen Pemasaran-analisis Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung : Linda Karya.

Ghozali, imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit : Universitas Diponegoro, Semarang.

Hariwijaya, Bisri M. Djaelani. 2004. Teknik Menulis dan Tesis. Yogyakarta, Hanggar Kreator.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV. Alfabeta, Bandung.

Husein, Umar. 2005. Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hariwijaya, M dan Bisri M. Djaelani, 2004. Teknik Menulis Skripsi dan Thesis. Yogyakarta : Zenith Publisher.

Kotler, Philip. 2007. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Penerbit PT. Prenhallinda, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management: The Milenium Edition. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nugroho J. Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bandung: Prenada Media.

Sawastha ,Basu Dharmmesta dan T. Hani Handoko. 2013 Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Bandung. Penerbit: Alfabeta.

Sugiyono.2005 .Statistik Non Parametrik, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2007 Metode Penelitian Administrasi, Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Thamrin, Abdullah. 2012. Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics