ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PEMASANGAN SAMBUNGAN BARU KANTOR PELAYANAN WILAYAH II (PONTIANAK BARAT DAN KOTA) PDAM TIRTA KHATULISTIWA

Rony Jusfarani

Sari


Dalam rangka menjadikan air bersih sebagai pendorong kegiatan sosial dan bisnis, pemerintah Kota Pontianak memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh air bersih, yaitu melalui pasokan air bersih yang disediakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah yang bernama Perusahaan Daerah Air Minum atau yang lebih dikenal PDAM. PDAM adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi pasokan air bersih.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap pelayanan pemasangan sambungan baru Kantor Pelayanan Wilayah II (Pontianak Barat dan Kota) PDAM Tirta Khatulistiwa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pelayanan pemasangan sambungan baru Kantor Pelayanan Wilayah II (Pontianak Barat dan Kota) dengan sampel sebanyak 100 orang. Analisis data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji kartesius.

Hasil penelitian secara keseluruhan dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pelanggan merasakan kepuasan terhadap pelayanan pemasangan sambungan baru Kantor Pelayanan Wilayah II (Pontianak Barat dan Kota) PDAM Tirta Khatulistiwa.

 

Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, PDAM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, Sutoyo, 2009, Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner dan Sosiometri, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2003, Prosedur Penelitian, Suatu Praktek, Bina Aksara, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2010, Manajemen Penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Bernadine, 2005, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Rumah Makan Pondok Laras di Kelapa Dua, Depok”, Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 12, No. 3, h. 318-336.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen, 2008, How to Design and Evaluate Research in Education, ed. 7, Mc Graw Hill Companie, Inc, Avenue of Americas, New York.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hariwijaya, Bisri M. Djaelani, 2004, Teknik Menulis dan Tesis, Hanggar Kreator, Yogyakarta.

Hasan, 2006, Pengaruh Kualitas Jasa Bank Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1, h. 1-14.

Hurriyati, Ratih, 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, 2008, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran (Terjemahan), Edisi Millenium, Jilid 1, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip, & Garry Armstrong, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta.

Kuswadi, 2004, Cara Mengukur Kepuasan Karyawan, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Lovelock, Christoper & Wright, Lauren K., 2005, Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks, Jakarta.

Nasution, M.N., 2001, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nazir, Moh., 2003, Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Putra, Haryanto Adhitya, 2011, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Melalui Situs Belanja Online di Indonesia, Institute Management Telkom, Bandung.

Rangkuti, Freddy, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kelima, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta, Bandung.

Supranto, J., 2011, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan Keempat, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Tangkilisan, Nogi Hessel 2005, Manajemen Publik, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, & Gregorius Chandra, 2006, Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2003, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2012, Service Management Mewujudkan Layanan Prima, CV Andi Offset, Yogyakarta.

Umar, Husein, 2005, Metode Penelitian, Salemba Empat, Jakarta.

Umar, Husein, 2013, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis, Rajawali, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics