KEPUASAN WAJIB PAJAK REKLAME PADA DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN KUBU RAYA

Rina Adrianti, Fenni Supriadi, Fenni Supriadi

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini hanya ingin mengetahui “Bagaimana kepuasan wajib pajak reklame pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kubu Raya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui kepuasan  wajib pajak reklame Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kubu Raya.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Diagram Kartesius yang dilakukan mengunakan program SPSS 18.00. Dimana Titik X merupakan rata-rata dari jumlah rata-rata nilai kepuasan. sedangkan Y merupakan rata-rata dari jumlah rata-rata nilai harapan/kepentingan. Hasil diagram kartesiusmenunjukkan bahwa Kuadran A berada di variabel reliability (keandalan) dengan nilai kepuasan (X) sebesar 4,44 dan nilai kepentingan (Y) sebesar 4,80 dan variabel assurance (Jaminan) dengan nilai kepuasan (X) sebesar 4,35 dan nilai kepentingan (Y) sebesar 4,79  yang dapat diartikan variabel tersebut merupakan variabel yang berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen dan pelaksanaannya oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kubu Raya belum sesuai keinginan responden sehingga mengecewakan/tidak puas. Kuadran B berada di variabel tangible (bukti fisik) dengan nilai kepuasan (X) sebesar 4,47 dan nilai kepentingan (Y) sebesar 4,79 yang dapat diartikan variabel tersebut merupakan variabel yang berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen dan pelaksanaannya oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kubu Raya sudah dianggap baik dan wajib dipertahankan. Kuadran C berada di variable responsiveness (ketanggapan) dengan nilai kepuasan (X) sebesar 4,41 dan nilai kepentingan (Y) sebesar 4,77 dan variable emphaty (empati) dengan nilai kepuasan (X) sebesar 4,37 dan nilai kepentingan (Y) sebesar 4,73 yang dapat diartikan variabel yang dianggap kurang penting bagi konsumen, sehingga pelaksanaannya oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kubu Raya masih belum memuaskan.

 

Kata kunci: Kepuasan, Wajib Pajak, Reklame.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul, Ghofir, 2000 Optimalisasi Pajak Dalam Penerapan Ototnomi Daerah. Berita Pajak No. 15 Januari 2000. Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2003. “Customer Service yang Baik Landasan Pencapaian Customer Satisfaction” dalam Usahawan, No. 01, Tahun XXXII, Januari, hal 25-30. Jakarta.

J. Supranto. 2011. Pengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan, Cetakan Keempat, Rineka Cipta, Jakarta.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid I dan II. Penerbit Prenhalindo. Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid I. Edisi Ke- II. Alih Bahasa: Benjamin Molan. Jakarta: PT. INDEKS.

Kuncoro, Mudrajad, 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah : Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lincolin, Arsyad, 2010, Ekonomi Pembangunan, Edisi Lima, UPP STIM YKPN.

Mardiasmo, 2009. Perpajakan. Andi: Yogyakarta.

Moenir, 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Penerbit Bumi Aksara

Nasution dan Usman Hardius. 2006. Proses Penelitian Kwantitatif, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Peraturan Daerah Kabupaten Kubu Raya Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah

Sugiono .2002. Metode Penelitian Bisnis. Lembaga Penerbit CV. Afabet. Bandung.

Tjiptono, Fandi dan Gregorius Candra. 2005. Service, Quality, and Statisfaction. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi. 2004. Service Manajemen (Mewujudkan Layanan Prima), Penerbit ANDI offset, Yogyakarta.

Umar, Husein. Riset Pemasaran & Prilaku Konsumen, Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i2.814

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics