PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA TABUNGAN UMUM SYARIAH PADA KOPERASI BMT UGT SIDOGIRI CABANG SIANTAN UTARA

Novi Arniati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji “Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Anggota Tabungan Umum Syariah Pada Koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Siantan Utara”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota Tabungan Umum Syariah pada Koperasi BMT UGT Sidogiri Cabang Siantan Utara dengan sampel sebanyak 71 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidental sampling. Analisis data yang dilakukan adalah uji vadilitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji kelayakan model.

Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen kepuasan dan loyalitas anggota menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan dalam kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Hasil regresi linear sederhana menunjukkan persamaan Y = 0,330 + 0,953X. Hasil koefisien korelasi diperoleh nilai Rsebesar 0,421. Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,177, yang berarti bahwa 17,7% loyalitas anggota dapat dijelaskan oleh dimensi kepuasan sedangkan sisanya sebesar 82,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji kelayakan model diperoleh nilai F hitung (14,863) lebih besar dari F tabel (3,98) dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05). 

 

Kata kunci: Kepuasan, Loyalitas Anggota, BMT UGT Sidogiri Cabang Siantan Utara.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiyanto, Bayu Roesdian, 2013, Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BRI Syariah Surakarta, http://eprints.ums.ac.id/31312/13/ NASKAH_PUBLIKASI.

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revisi VI), Rineka Cipta, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

…………, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi kelima), Universitas Diponegoro, Semarang.

Griffin, Jill, 2005, Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Erlangga, Jakarta.

Griffin, Ricky W., dan Ronald J. Erbert, 2008, Bisnis, Edisi Kedelapan, Jilid I, Jakarta, Erlangga.

Hariwijaya, M., dan Bisri M. Djaelani, 2004, Teknik Menulis Skripsi dan Thesis, Zenith Publisher, Yogyakarta.

Hasan, Ali, 2008, Marketing, Media Utama, Yogyakarta.

Istijanto, 2008, Riset Sumber Daya Manusia, Edisi ketiga, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga belas, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 2013, Manajemen Pemasaran, Prehalindo, Jakarta.

Lupiyoadi, Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Martono, Nanang, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Data Sekunder, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Narimawati, Umi, 2008, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Teori dan Aplikasi, Unikom, Bandung.

Nasution, M.N, 2005, Manajemen Jasa Terpadu, PT. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Palilati, Alida, 2007, Pengaruh Nilai Pelanggan: Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan di Sulawesi Selatan, Universitas Kristen Petra, Sulawesi Selatan.

Priyatno, Duwi, 2008, Mandiri Belajar SPSS, Mediakom, Yogyakarta.

Rahman, dan Heri Supomo, 2012, Analisis Kepuasan Pelanggan pada Pekerjaan Reparasi Kapal dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Vol. I, No.1.

Rakasiwi, Eddo, 2012, Jurnal Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Kepuasaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada BMT Perkasya Semarang), http://eprints.dinus.ac.id/8626/1/.

Slamet, Franky, 2008, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Jurnal Manajemen, Vol. XII, No.2, Hal. 213-220.

Sugiyono, 2004, Statistik Non Parametrik, CV. Alfabeta, Bandung.

…………., 2007, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, CV. Alfabeta, Bandung.

…………., 2009, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, CV. Alfabeta, Bandung.

Supranto, J., 2011, Statistik Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2005, Service Quality & Satisfaction, Penerbit Andi, Yogyakarta.

………….., 2006, Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta.

………….., 2007, Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang.

…………..., 2008, Pemasaran Strategik, Penerbit Andi, Yogyakarta.

…………..., 2012, Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Umar, Husein, 2003, Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, PT. Gramedia, Pustaka, Jakarta.

Umar, Husein, 2005, Metode Penelitian, Salemba Empat, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i2.811

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics