ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENGIRIMAN UANG MELALUI WESEL POS INSTAN DI PT. POS INDONESIA CABANG SINTANG

Ngadimin .

Sari


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pengiriman uang melalui wesel pos instan pada PT. Pos Indonesia Cabang Sintang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan semua pelanggan yang melakukan pengiriman uang melalui wesel pos instan di PT. Pos Indonesia Cabang Sintang. Analisis Data dalam penelitian ini menggunakan metode ServQual.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor ServQual dimensi keandalan (reliability) sebesar -0,25, dimensi daya tanggap (responsiveness) sebesar -0,40, dimensi jaminan (assurance) sebesar -0,26, dimensi empati (emphaty) sebesar -0,32 dan dimensi bukti fisik (tangible) sebesar -0,21. Dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Sintang kepada konsumen tidak berkualitas.

 

Kata kunci: Kualitas pelayanan, PT. Pos Indonesia, Wesel Pos Instan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari, 2007, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, CV. Alfabeta, Bandung.

David, Gilbert, 2003, Retail Marketing Management, Second Edition, Prentice Hall.

Djarwanto, 2000, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Handi, Irawan, 2004, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Cetakan ketujuh, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Hussen, 1997, Metode Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 2, Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, 2012, Marketing Management, 13th Edition, Pearson Prentice Hall, Inc., New Jersey.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Salemba Empat, Jakarta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 1989, Metode Penelitian Survei,

LP3ES, Jakarta

Mulyadi, 2001, Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Ridwan, 2010, Dasar-Dasar Statistika, CV. Alfabeta, Bandung.

Sekaran, Uma, 2006, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Buku 1, Jakarta.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra, 2005, Service, Citra Wisata dan Satisfaction, Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2003, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, 2007, Pemasaran Jasa, Edisi 11, Cetakan Ketiga, Bayu Media, Jawa.

Zeithaml, ValerieA., Mary Jo Bitner dan Dwayne D. Gremler, 2009, Services Marketing – Integrating Customer Focus Across The Firm, 5th Edition, McGraw-Hill, New York.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics