PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELINDETERJEN RINSO DI KOTA PONTIANAK

Nana Lestari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan konsumen membeli deterjen Rinso di kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, kuesioner, dan mempelajari data-data dan informasi yang diperoleh dari PD. Andhika Primajaya dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode Sampling Purposive sebanyak 100 sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra merek yang terdiri dari atribut produk, kualitas produk, kegunaan produk, pengguna, atribut organisasi, kepribadian merek, dan simbol secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasinya menunjukan bahwa citra merek memiliki pengaruh sebesar 10% terhadap keputusan pembelian dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain dan hubungannya dinyatakan sangat rendah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Bukhari. 2007. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Rineka Cipta. Jakarta

Klimchuk, Marianne Rosner dan Sandra A. Krasovec. 2007. Desain Kemasan (Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai penjualan. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran ed. 12.indeks. Jakarta.

. 2009. Manajemen Pemasaran ed.13. Erlangga. Jakarta

Sangadji, Eta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen (Pendekatan Praktis). Andi. Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Alfabeta. Bandung.

Sulistyari, Ikanita Novirina. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. Skripsi. Semarang

Wijaya, Erwin Adi, Sasongko dan Sri Wahyuni. 2014. Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung Galaxy Series Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmu Admisistrasi Bisnis Fakultas Ilmu Social Dan Ilmu Politik. Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i2.808

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics