ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA WASERDA ANGKASA PURA KUBU RAYA

muslimin .

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen pada Waserda Angkasa Pura Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yang menjadi populasi semua konsumen yang pernah membeli produk di Waserda Angkasa Pura. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 100 responden yang membeli produk di Waserda Angkasa Pura. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode pengumpulan sampel secara sengaja (purposive sampling) artinya penarikan sampel berdasarkan pertimbangan mengingat adanya keterbatasan dana, waktu dan tenaga.

Hasil dari analisis diagram kartesius yang telah penulis lakukan pada Waserda Angkasa Pura Kubu Raya indikator kepuasan konsumen dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kepuasan konsumen yaitu sebesar 4,30. Adapun nilai rata-rata dari kepentingan konsumen yaitu sebesar 4,42. Dapat disimpulkan bahwa konsumen tidak puas, karena nilai rata-rata kepuasan berada di bawah nilai rata-rata kepentingan. Adapun Hal ini merupakan yang dianggap penting dan pelaksanaannya belum dianggap baik sehingga belum/ kurang memuaskan berada pada kuadran A yaitu meliputi Proses perhitungan di kasir dihitung dengan cepat, Pelayanan dilakukan dengan cepat, Karyawan dapat menjelaskan posisi barang yang dicari oleh para konsumen.

 

Kata kunci: Kepuasan, Waserda, Angkasa Pura.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Rahman dan Heri Supomo . 2012. Analisa Kepuasan Pelanggan pada Pekerjaan Reparasi Kapal dengan Metode Quality Function Deployment (QFD.Jurnal Teknik ITS. Vol. 1 No. (1) 297-302.

Danang Sunyoto. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran CAPS (Center Of Academek Publishing Service, Yogyakarta

Husein Umar. 2003, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Hariwijaya, M dan Bisri M. Djaelani. 2004. Teknik Menulis Skripsi dan Thesis. Zenith Publisher, Yogyakarta.

Imam Ghozali, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss, Cetakan IV, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.

Kotler Dan Armstrong. 2008, Prinsip Prinsip Pemasaran Jilid 1. Edisi Kedua Belas Jilid 1 Cetakan ketiga , PT Indek Jakarta.

Kotlerdan Armstrong, 2001, Dasar-Dasar Manajemen, Penerbit PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotlerdan Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, EdisiKe 12, Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler Philip, 2002, Marketing Management: The Melenium, Edition Jilid 1, Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Lane, Kevin. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi. R. Hamdani, 2009, Manajemen Pemasaran Jasa, Selamba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, Hamdan, 2009, Manajemen Pemasaran Jasa, Selamba Empat, Jakarta.

Lovelock dan wright, 2005, Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks, Kelompok Gremedia, Jakarta.

M. Hariwijaya M. Djaelani, 2004, Tehnik Menulis dan Tesis, Hanggar Kreaton, Yogyakarta.

Siregar Sofyan. 2013, Statistik Parametrik, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono. 2004. Metode PenelitianBisnis. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2007, Metode Administrasi Dan Metode R dan D CV Alfabeta Bandung.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Kualitatif dan R dan D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Bisnis, Lembaga Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Cetakan ke-17. Alfabeta, Bandung.

Supranto, 2011, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Cetakan Ke Empat, Rineke Cipta, Jakarta.

Supranto, J. 2011. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan, Cetakan Ke Empat. Rineke Cipta, Jakarta.

Tjiptono, 2014, Pemasaran Jasa, Prinsip Penerapan Dan Penelitian ,Andi, Yogyakarta.

Tjiptono Fandy. 2012. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, 2006, Manajemen Jasa, Edisi Ke Empat, Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, 2012, Service Management: Mewujudkan Layanan Prima, Andi, Yogyakarta.

UmiNarimawati, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Unikom, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i2.806

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics