ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN TASERNA PADA KANTOR CABANG UTAMA PT. BANK KALBAR

Markani Markani, Helman Fachri, Devi Yasmin Markani Markani
Helman Fachri
Devi Yasmin

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap loyalitas nasabah tabungan Taserna pada Kantor Cabang Utama PT Bank Kalbar. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Tabungan Taserna yang masih aktif di Kantor Cabang Utama PT Bank Kalbar. Dalam hal ini sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang masih aktif menggunakan Tabungan Taserna di Kantor Cabang Utama PT Bank Kalbar. Nasabah  yang dijadikan sampel minimal melakukan satu kali transaksi dalam 1 bulan serta sudah menjadi nasabah lebih dari 3 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang pengolahan datanya dengan SPSS for windows 17.00. Analisis regresi sederhana bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap loyalitas nasabah tabungan Taserna pada Kantor Cabang Utama PT Bank Kalbar.

Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien korelasi sederhana (R) yang diperoleh adalah sebesar 0,868. Jika nilai ini dibandingkan dengan nilai R seperti yang terdapat pada tabel pedoman dan diinterprestasi terhadap nilai R, maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara atribut produk (X) terhadap loyalitas nasabah   tabungan Taserna  pada Kantor Cabang Utama PT. Bank Kalbar Pontianak (Y) adalah  sangat kuat  karena 0,868 berada pada rentang  0,800-1,000 artinya jika nilai atribut produk meningkat maka nilai loyalitas nasabah  juga akan meningkat. Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah sebesar 0,753. Artinya pengaruh atribut produk tabungan Taserna  terhadap variasi naik turunnya loyalitas nasabah pada Kantor Cabang Utama PT. Bank Kalbar Pontianak adalah sebesar 75,30%, dan sisanya sebesar 24,70% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Pengujian  uji kelayakan  model (Uji F) ini menunjukkan nilai 298,679 (F hitung) > 3,09 (F tabel). Sedangkan nilai signifikansi F tersebut 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa model regresi sederhana dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas nasabah yang dipengaruhi oleh atribut produk  tabungan Taserna pada Kantor Cabang Utama                  PT. Bank Kalbar

 

Kata Kunci: Atribut Produk, Loyalitas Nasabah, Tabungan, PT. Bank Kalbar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, Lingga. 2012. Perkembangan Teknologi Perbankan di Indonesia. , jurnal JSB Vol. 11 No. 1.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bilson Simamora, 2004. Membongkar Kotak Hitam, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Capra, Fritjof. 2004. Titik Balik Peradaban. Diterjemahkan dari The Turning Point oleh M. Thoyibi. Yogyakarta: Bentang.

Davis, Gordon B, 2002 Sistem Informasi Manajemen, PPM, Jakarta

Djoyohadikusumo, Sumitro, 2004, Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan, Jakarta : LPES

Djumhana, Muh, 2003, Hukum Perbankan diIndonesia, PTCitra AdityaBakti, Bandung .

Griffin Jill, 2003, Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Jakarta, Erlangga.

Hasibuan, Malayu. 2008. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta:Bandung.

Kasali, Rhenald. 2005, Membidik Pasar Indonesia melalui Segmentasi, Targeting dan Positioning, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Kasmir, 2008, Manajemen Perbankan, edisi revisi delapan, Penerbit : RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary, Armstrong. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, terjemahan Hendra Teguh, Penerbit: PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad dan Suhardjono, 2002, Manajemen Perbankan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE

Miru Ahmad dan Yodo Sutarman, 2004. Hukum Perlindungan Konsuemn, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Palilati, Alida. 2006. Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 9 No.1

Pardede Marulak. 2004. Perspektif Perlindungan Hukum Simpanan Dana Nasabah Pada Bank. Jurnal Hukum Bisnis. Volume 11 No. 7.

Sadono Sukirno. 2006. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Anggraini, 2009, Analisis Pengaruh Atribut Produk Tabungan Terhadap Keputusan Menabung Pada BRI Capem Kedungwuni. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 11 No.3

Susilo Sri, Triandaru Sigit dan Santoso Totok Budi. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Prinsip & Dinamika Pemasaran. Edisi Pertama. J & J Learning. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2005, Manajemen Jasa, Edisi Kedua, Cetakan Kedua, Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008, Strategi pemasaran. Penerbit ANDI, Yogyakarta

Ujiawan, Andi. 2009. Sikap Nasabah terhadap Atribut-Atribut Produk Tabungan Mudharabah di BMT Al-Fataa Ulujami Pemalang, (Skripsi-Fakultas Syariah, UIN Sunan Kalijaga,)

Umar, Husain, 2002, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Cetakan Pertama, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i1.801

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics