PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA MERK KARTU PERDANA IM3 PT. INDOSAT.TBK DI KOTA PONTIANAK

Maisur Maisur, Muiszudin Muiszudin, Dedi Hariyanto Maisur Maisur
Muiszudin Muiszudin
Dedi Hariyanto

Sari


Perkembangan ekonomi di Indonesia didukung oleh berbagai industri, di antaranya adalah industri di bidang teknologi komunikasi. Dengan adanya teknologi komunikasi, memudahkan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan kapan saja, di mana saja, dan dari siapa saja tanpa ada batas ruang dan waktu. Aplikasi dapat dikembangkan, untuk menunjang perekonomian masyarakat, yang selanjutnya dapat mempengaruhi perekonomian negara.  Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen kartu perdana IM3 PT.Indosat,Tbk di Kota Pontianak.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Koefisien regresi (β) bo sebesar 0,476 menerangkan bahwa apabila kepuasan bernilai 0 (nol), maka loyalitas konsumen terhadap produk kartu perdana IM3 PT. Indosat sebesar 0,476. Nilai koefisien regresi sebesar 0,875 menyatakan bahwa jika nilai kepuasan ditingkat satu satuan, maka nilai loyalitas konsumen meningkat sebesar 0,875. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar = 0,792, nilai ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah kuat karena nilai intervalnya berada pada nilai 0.600 – 0.799. Hasil persentase koefisien determinasi (R2) diperoleh nilainya sebesar 0,628. Hal ini berarti bahwa 62,8% (1 x 0,628 x 100%) loyalitas konsumen dipengaruhi oleh kepuasan. Karena nilai koefisien determinasinya sebesar 0,628 artinya lebih mendekati nilai 1 maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 0,372% (1 - 0,372 x 100%) dipengaruhi oleh  variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan Uji-F diperoleh nilai t hitung sebesar 0,205. sedangkan   F tabel diperoleh nilai sebesar 3,94 (df1= k – 1 atau 2 – 1 = 1 dan df2 = n - k atau 97 - 2 = 95). Jadi diperoleh hasil bahwa F hitung > F tabel atau (160,342 > 3,94), maka  Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat dikatakan bahwa model regresi linier sederhana dapat digunakan untuk melakukan prediksi kepuasan loyalitas konsumen kartu perdana IM3 PT. Indosat di Tbk Kota Pontianak.

 

Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Loyalitas, Kartu IM3, PT. Indosat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amstrong, Gary. 2007. Marketing An Introduction. Baba Barkha Nath Printers: New delhi

Ananda Fatmawati 2012, dalam jurnal yang berjudul, Measuaring Cunsumer Perceptions Throutgh Faktor Analysis. The Asian Manager, Februari-March,

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Arlan. Tjahyadi Rully. 2006. Brand Trust Dalam Konteks Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan dan Pelanggan Merek. Jurnal Manajemen Vol.6 No.1

Buchari Alma, 2009, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit CV Alfabeta, Bandung

Durianto, Darnadi, dkk. 2004. Strategi Menaklukan Pasar. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Ghozali, Imam. 2005, Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Giddens, Nancy. 2005, Brand Loyalty, Missouri Value Added Development Center. University Of Missouri

Handoko T. Hani, 2000, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Edisi II, Cetakan Keempat Belas, Penerbit BPFE, Yogyakarta

Husein, Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat

Kotler. P. & Keller.KL. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 2 ilid 2. Penerbit PT. Indeks. Jakarta

Lovelock dan Wright, Lovelock, Christopher H., and Lauren K, Wright. Principles of Service Marketing Management. New Jeresey: Prentice-Hall, Inc, 2005. Dalam skripsi Jerry Vivter Soritua Sinaga 070922069 Srategi komunikasi pemasaran dan Keputusan Memilih kartu prabayar. Departemen Ilmu Komunikasi (Ekstension) FISIP USU

Mandalis. 2004. Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta: Bumi Aksara

Marconi. Dalam Jurnal Fajrianti dan Zatul Farrah dengan Judul: Strategi Perluasan Merek dan Loyalitas Konsumen. Fakultas Psikologi Universitas Airlagga. Semarang. NSAN. Vol 7. No. 3 Desember 2005

Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Indeks.

Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, F. 2004. Pemasaran Jasa, Bayu Media, Malang.

Wahyuddin, M. dan Ambar Muryati .2001. “Faktor-faktoir yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Klaten” dalam Jurnal Manajemen Daya Saing, Vol. 2, No. 2, Desember, hal. 188-197. Program Pascasarjana UMS.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i1.799

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics