PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BERBELANJA FURNITURE PADA PD. INDO FURNITURE PONTIANAK

Mahendra Mahendra, Helman Fachri, Fenni Supriadi Mahendra Mahendra
Helman Fachri
Fenni Supriadi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen berbelanja furniture pada PD. Indo Furniture Pontianak. Penelitian ini menggunakan penentuan sampel yang dilakukan secara Purposive sampling, yaitu sampel yang diambil berdasarkan kriteria yang dirumuskan terlebih dahulu oleh peneliti. Total seluruh responden adalah 100 orang. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara atau hasil pengisian kuisioner. Sementara data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen perusahaan.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 2 (dua) jenis variabel, yaitu variabel kepuasan (X) yang diukur menggunakan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan, yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan berwujud; dan variabel loyalitas konsumen (Y) yang diukur melalui komitmen yang kuat untuk selalu berbelanja furniture; kesediaan merekomendasikan produk perusahaan kepada orang lain; bersedia mengikuti prosedur yang telah ditetapkan perusahaan; dan selalu menceritakan hal-hal positif dan menjalin hubungan baik dengan perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen PD. Indo Furniture Pontianak yang ditunjukkan oleh hasil persamaan regresi Ŷ = 0,256 + 931X + e. Kepuasan memiliki pengaruh yang kuat terhadap loyalitas konsumen  yang dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi (r) sebesar 0,848. Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen tersebut adalah sebesar 71,90%, sedangkan sisanya sebesar 28,10% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

 

Kata kunci: Kepuasan, Loyalitas, PD. Indo Furniture

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian, Jakarta: PT.Rineka Cipta

Darsono, Licen Indahwati. 2004, Loyalty & Disloyalty: Sebuah Pandangan Komprehenship Dalam Analisa Loyalitas Pelanggan, Jurnal Kinerja, Volume 8, No. 2, hal. 163-173.

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo

Lupiyoadi, Rambat, dan Hamdani A. 2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar P. 2005, Perilaku Konsumen,Edisi Revisi, Bandung: PT Refika Aditama.

Natawiria, Asep Suryana, dan Riduwan. 2010, Statistika Bisnis, Bandung: CV Alfabeta.

Nazir, Moh, 2003, Metode Penelitian, Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Nugroho, Setiadi J. 2010, Perilaku Konsumen, Edisi revisi,Jakarta: Kencana.

Payne, Adrian. 2000. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi

Philip, Kotler, 2002. Marketing Management: The Millenium Edition, Jilid I, Jakarta: Prenhallindo.

Philip, Kotler dan Gary Amstrong. 2006, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi ke 12, Jakarta: Erlangga.

Philip, Kotler, dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid II, Jakarta: PT. Indeks.

Siagian, Dergibson, dan Sugiarto. 2006. Metode Statistika, Cetakan Ketiga, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, Syofian, 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Slamet, Franky. 2008, Kepuasan dan Loyalitas Pelnaggan, Jurnal Manajemen, Tahun XII, No. 02, hal. 213-220

Sumarwan, Ujang dkk, 2011, Riset Pemasaran dan Konsumen, Bogor: IPB Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i1.798

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics