PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI KUSEN JENDELA KAYU PADA MEBEL JAYA KARYA MANDIRI SERASAN DI KECAMATAN SERASAN KABUPATEN NATUNA

Juliana Juliana, Devi Yasmin, Neni Triana Maswardi Juliana Juliana
Devi Yasmin
Neni Triana Maswardi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli kusen jendela kayu pada Mebel Jaya Karya Mandiri Serasan di Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna. Oleh karena itu, metode asosiatif digunakan untuk menganalisis hubungan antara kedua variabel tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Kuesioner yang telah disusun dalam skala Likert kemudian disebarkan kepada 100 responden sebagai sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu konsumen yang datang langsung membeli sendiri kusen jendela kayu. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment yang diolah menggunakan Program SPSS 21.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara bauran pemasaran dengan keputusan konsumen dalam membeli kusen jendela kayu pada Mebel Jaya Karya Mandiri Serasan di Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,672. Artinya, jika strategi bauran pemasaran yang diterapkan perusahaan ditingkatkan pelaksanaannya, maka keputusan kosumen dalam membeli kusen jendela kayu juga akan meningkat. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebanyak 45,16% keputusan konsumen dalam membeli kusen jendela kayu pada Mebel Jaya Karya Mandiri Serasan di Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna dipengaruhi oleh bauran pemasaran, dan sisanya 54,84% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain di luar penelitian ini. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen membeli kusen jendela kayu pada Jaya Karya Mandiri Serasan Kabupaten Natuna.

 

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian Konsumen, Mebel Jaya Karya Mandiri


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Edisi 1. Cetakan ke-1. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Dharmmesta, Basu Swastha dan T. Hani Hondoko. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 2. Jakarta: PT.Indeks.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing. 14th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan ke-12. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Pasolong, Harbani. 2013. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Peter, P, J, & Olson, Jerry, C. 2009. Costumer Behavior, Jilid 2, Edisi Kelima (alih bahasa Damos Sihombing). Jakarta: Erlangga.

Rahman, Arif. 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business: Cara Jitu Merontokkan Pesaing. Cetakan ke-1. Jakarta: TransMedia.

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Edisi Revisi. Cetakan ke-8. Bandung: Alfabeta.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Cetakan ke-2. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono, Fandy. 2012. Services Management: Mewujudkan Layanan Prima. Edisi II. Yogyakarta: Andi.

Trijono, Rachmat. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cetakan ke-1. Depok: Papas Sinar Sinanti.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i1.792

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics