PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEMILIH JASA PENGIRIMAN SURAT BIASA PADA PT. POS INDONESIA KANTOR POS CABANG (KPC) KECAMATAN PEMANGKAT

Dwi Ananto, Muiszudin Muiszudin, Neni Triana Maswardi Dwi Ananto
Muiszudin Muiszudin
Neni Triana Maswardi

Sari


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen memilih jasa pengiriman surat biasa pada PT. Pos Indonesia Kantor Pos Cabang (KPC) Kecamatan Pemangkat dengan bentuk penelitian analisis deskriptif menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang memilih jasa pengiriman surat biasa, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan syarat konsumen minimal telah menggunakan layanan pengiriman KPC PT. Pos Indonesia Kecamatan Pemangkat sebanyak 3 kali, berusia lebih dari 18 tahun dan mengirim sendiri (tanpa perantara).

Hasil uji vadilitas dan reliabilitas instrumen bauran pemasaran dan loyalitas konsumen menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan dalam kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Hasil persamaan regresi linier sederhana adalah Y = 2,900 + 0,150 X, yang artinya apabila bauran pemasaran bernilai nol, maka loyalitas konsumen adalah sebesar 2,900 dan apabila bauran pemasaran meningkat sebesar satu-satuan, maka  loyalitas konsumen menggunakan jasa pengiriman surat biasa pada PT. Pos Indonesia KPC Pemangkat akan meningkat sebesar 0,150 satuan. Untuk hasil koefisien korelasi (r) menjelaskan bahwa nilai korelasinya sebesar 0,150 yang artinya bauran pemasaran dan loyalitas konsumen memiliki hubungan cukup rendah, sedangkan nilai dari hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,014 yang artinya pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen menggunakan jasa pengiriman surat biasa pada PT. Pos Indonesia KPC Pemangkat adalah sebesar 1,4% sedangkan sisanya yaitu sebesar 98,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Loyalitas Konsumen, PT. Pos Indonesia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko. (2014). Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Buchari, Alma. 2007. Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Hurriyati. Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV

Kotler, Philip. 2001 .Manajemen Pemasaran : Analisis, Implementasi, dan kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga, 2007.

Nurholifah, Ita. 2012. Manajemen pemasaran. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung, CV Alfabeta, 2007.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen, CV Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2014. Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta, Bandung.

Thamrin, A, dan Farncis, T. 2012. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Rajawali Press. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i1.785

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics