ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENGIRIMAN BARANG DI CARGO SERVICE CENTER GARUDA INDONESIA CABANG PONTIANAK

Bejo Bejo, Helman Fachri, Devi Yasmin Bejo Bejo
Helman Fachri
Devi Yasmin

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan pengiriman barang di Cargo Service Center Garuda Indonesia Cabang Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode survei, yakni teknik riset di mana informasi dikumpulkan melalui kuesioner. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang pernah menggunakan jasa Cargo Service Center Garuda Indonesia Cabang Pontianak. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teknik purposive sampling, sampel sebanyak 100 orang yang akan dipakai sebagai sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa diagram kartesius. Analisis digunakan dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows untuk mempermudah dalam mengolah dan menginterpretasi hasil penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Sebagian besar responden berjenis kelamin pria, berumur antara 26-30 Tahun, berpendidikan SMA, bekerja sebagai karyawan swasta, berpenghasilan Rp.2.000.000,00 – Rp. 2.999.999,00 dan menggunakan Cargo Service 1-2 kali dalam setahun. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai kepuasan (X= 3,72) lebih kecil dari pada nilai kepentingan (Ȳ= 4,31), artinya pelanggan Cargo Service Center PT. Garuda Indonesia Pontianak tidak puas.

 

Kata Kunci: Kepuasan konsumen, Pelayanan Pengiriman Barang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Aritonang, Lerbin L. 2005. Kepuasan Pelanggan. Pengukuran dan Penganalisisan Dengan SPSS. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Asmara, Uray Husna. 2011. Penulisan Karya Ilmiah. Untan: Fahruna.

Barata, Atep Adya. 2004. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Elex. Media Komputindo.

Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Purwanto. 2007. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan, Pengembangan dan Pemanfaatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung: Al-Fabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Al-Fabeta.

Supranto, 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi Pertama, Cetakan Keempat, Penerbit Ekonisia, Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i1.782

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics