PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH KAMAR STANDARD TWIN PADA HOTEL MERPATI PONTIANAK

Abdul Latif, Muiszudin Muiszudin, Fenni Supriadi Abdul Latif
Muiszudin Muiszudin
Fenni Supriadi

Sari


Strategi bauran pemasaran merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan, salah satunya oleh Hotel Merpati Pontianak, dimana kebijakan bauran pemasaran pada Hotel Merpati Pontianak dapat mempengaruhi keputusan konsumen pada Hotel Merpati Pontianak.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen memilih kamar standard twin pada Hotel Merpati Pontianak, dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah menggunakan kamar standard twin pada Hotel Merpati Pontianak, dengan sampel sebanyak 100 responden.

Hasil penelitian pada uji koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,371, nilai ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bauran pemasaran dengan variabel keputusan konsumen memilih kamar standard twin pada Hotel Merpati Pontianak adalah rendah karena nilai intervalnya berada di 0.200 – 0.399. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,138 atau 13,8% keputusan konsumen menggunakan kamar standard twin pada Hotel Merpati Pontianak dipengaruhi oleh variabel bauran pemasaran, sedangkan sisanya yaitu sebesar 86,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buchari Alma. 2007, Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Basu, Swastha DH dan Handoko, 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Yogyakarta, BPFE.

Danang. Sunyoto, 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran, Cetakan Pertama, Yogyakarta, Center of Academic Publishing Service.

Ita Norcholifah, 2012. Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama, STAIN Pontianak press.

Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.

Marhadi, Lilis, dan Aida. 2014. Dalam Jurnal: Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, Daya Tarik Iklan Dan Kredibilitas Endorser Terhadap Brand Attitude Pada Produk Handphone Android Di Kota Pekanbaru. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru. Jurnal Ekonomi. Volume 22, Nomor 1 Maret 2014

Salinan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Nomor: PM.53/HM.001/MPEK/2013. Tentang Standar Usaha Hotel.

Surat Keputusan Dirjen Pariwisata No. 14/U/II/88 Tentang Pelaksanaan Ketentuan Usaha dan Penggolongan Hotel

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Penerbit: CV. Alfabeta

Thamrin dan Francis Tantri.2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v4i1.750

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics