Analisis Intellectual Captal (VAIC)TM, Firm Value dan Firm Size Terhadap Return Saham Dengan Harga Saham Sebagai Variabel Moderasi Dalam Menentukan Keputusan Investasi Pada Jakarta Islamic Index (JII 70)

Heni Safitri, Dedi Hariyanto Heni Safitri
Dedi Hariyanto

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intellectual Capital (VAICTM), Firm Value dan Firm Size Terhadap Return Saham Dengan Harga Saham Sebagai Variabel Moderasi Dalam Menentukan Keputusan Investasi Pada Jakarta Islamic Index 70 (JII 70). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) dengan Pendekatan WarpPLS. Sebelum dilakukan interpretasi terhadap hasil pengujian hipotesis, maka model seharusnya memiliki Goodness of Fit yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Model Fit dan Quality Indices dapat dilihat bahwa data yang digunakan dalam penelitian memiliki kriteria yang baik dan acceptable. Hasil Path Coefficients and p-values dapat diketahui bahwa variabel Firm Value dan Firm Size berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Selain itu, variabel Harga Saham juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham. Hasil Indirect Effects dapat diketahui bahwa variabel Harga Saham tidak dapat memoderasi antara variabel penjelas dengan variabel respon. Variabel Firm Value dan Firm Size dapat dipergunakan dalam mempertimbangkan pengambilan keputusan untuk berinvestasi pada saham-saham syariah yang tergabung dalam Indek JII70.

Teks Lengkap:

PDF 82-88

Referensi


B. E. Indonesia, "Indeks JII70," February 2019. [Online]. Available: http://idx.co.id.

R. S. Andriani, "JII dan IHSG Kompak Hijau, Ini Saham Pendongkraknya," www. m.bisnis.com, Jakarta, 2018.

finance.yahoo, "Perbandingan Nilai Indeks JII70," March 2019. [Online]. Available: http://finance.yahoo.com.

I. Ulum, Intellectual Capital: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan dan Kinerja Organisasi, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2017.

D. d. Y. I. Aprilia, "Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Return Saham Melalui Kinerja Keuangan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI Tahun 2012-2017," Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 7, no. 1, p. 23, 2019.

N. A. d. Andasari, "Pengaruh Return on Equity (ROE), Price Earning Ratio (PER), Total Asset Turn Over (TATO) dan Price to Book Value Terhadap Return Saham," Journal of Accounting, vol. 2, no. 2, p. 10, 2016.

A. S. Adiwibowo, "Pengaruh Manajemen Laba, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Return Saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi," Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, vol. 6, no. 2, p. 219, 2018.

A. d. S. Rokhmatussa'dyah, Hukum Investasi dan Pasar Modal, Jakarta: Sinar Grafika, 2017.

D. d. F. E. S. Sunyoto, Manajemen Keuangan untuk Perusahaan, Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service), 2015.

I. Fahmi, Pengantar Pasar Modal, Bandung: Alfabeta, 2013.

A. H. B. d. F. Halim, "Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas dan Dampaknya Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)," Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), vol. 23, no. 2, p. 125, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v7i1.1916

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics