Persepsi Masyarakat Terhadap Bauran Promosi Siaran Televisi Satelit Indovision Pada PT. MNC Sky Vision Cabang Pontianak

Ardiansyah Ardiansyah, Achmad Sutarmin Ardiansyah Ardiansyah
Achmad Sutarmin

Sari


            Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui tanggapan pelanggan terhadap variabel  bauran promosi siaran televisi satelit Indovision dan kebijakan penerapan bauran promosi siaran televisi satelit indovision pada PT. MNC Sky Vision Cabang Pontianak.

            Subjek penelitian yang diambil adalah pelanggan PT. MNC Sky Vision Cabang Pontianak berjumlah 100 orang yang sudah membeli dan menjadi pelanggan siaran televisi satelit Indovision. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode kuesioner, dan metode dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data dengan mendatangi objek penelitian, kemudian melakukan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan pemasaran. Metode wawancara dilakukan untuk mengetahui secara jelas tentang tanggapan pelanggan terhadap penerapan bauran promosi siaran televisi satelit Indovision. Metode kuesioner digunakan untuk memperoleh data tentang persepsi pelanggan terhadap bauran promosi siaran televisi satelit Indovision. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang daftar nama pelanggan yang akan dijadikan subjek penelitian. 

            Hasil penelitian menunjukkan jawaban responden dan total nilai rata-rata terhadap variabel periklanan (advertising) sebesar 3,50 masuk dalam kategori baik, variabel promosi penjualan (sales promotion) sebesar 3,57 masuk dalam kategori baik, variabel hubungan masyarakat (public relation) sebesar 3,56 masuk dalam kategori baik, variabel penjualan pribadi (personal selling) sebesar 3,58 masuk dalam kategori baik dan variabel penjualan langsung (direct marketing) sebesar  3,21  masuk dalam kategori cukup baik. Sedangkan kebijakan penerapan bauran promosi siaran televisi satelit indovision  sebesar 3,48 masuk dalam kategori penilaian baik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


KASALI, Rhenald. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning, Jakarta: Gramedia Pustaka Pustaka Utama, 2005.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran (judul asli: Principles of Marketing), edisi kedua belas, jilid 1. Penerjemah Bob Sabran. Jakarta: Erlangga, 2008.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran (judul asli: Marketing Management), edisi ketiga belas, jilid 1. Penerjemah Bob Sabran. Jakarta: Erlangga, 2009.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Edisi 11, Jilid 1. PT. Indeks-Gramedia, Jakarta: 2005.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua, Jakarta: Salemba Empat, 2006

Mulyana, Deddy. http://Ilmu kuliah komunikasi.com/2008/11/persepsi/ (http://ilmukomunikasi.blogspot.com.2007)

Nazir, Moh, Metode Penelitian, Jakarta: Gralia Indonesia, 2005.

Neal, Quester, dan Hawkins. Consumer Behavior: Implication For Marketing Strategy, 3rd edition. McGraw, Sydney.2004

Prasetijo dan Ihalauw, Statistika Untuk Penelitian, Pustaka Pelajar, Cetakan I, Yogyakarta. 2005.

Ramadhani, A. Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha. Jurnal Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. 2011

Saladin, Djaslim, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Bandung: CV. Linda Karya. 2003

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat. 2011

Satya. A.P. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Buku Gramedia di Kota Semarang. (http://www.fisip.undip.ac.id), 2012

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2004

Sumarni, Murti dan Salamah Wahyuni. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2006

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa, edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing, 2005

Umar, Husein. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Wahyuni, D.U. Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Kawasan Surabaya Barat (http://www. Petra.ac.id/Puslit/Journals), 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v6i2.1728

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics