PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEMBELI AIR GALON MEREK AER QUA DI KOTA PONTIANAK

Tri Hariyanti, Samsuddin Samsuddin, Fenni Supriadi Tri Hariyanti
Samsuddin Samsuddin
Fenni Supriadi

Sari


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen membeli air galon merek Aer Qua di Kota Pontianak, dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli air galon merek Aer Qua, dengann sampel sebanyak 100 responden. Hasil koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,503, artinya antara bauran pemasaran dan loyalitas konsumen terdapat hubungan yang kuat karena nilai intervalnya berada di 0,40-0,599. Hasil determinasi (R2) sebesar 0,253 atau 25,3% loyalitas konsumen membeli air galon merek Aer Qua di kota Pontianak dipengaruhi oleh variabel bauran pemasaran, sedangkan sisanya yaitu sebesar 74,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji kelayakan model menunjukkan nilai F hitung 33,149 > F tabel 3,94 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa model regresi linier sederhana dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas konsumen membeli air galon merek Aer Qua yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Andre A. Lumingtang. 2013. Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebuoy Di Kota Manado. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol.1 No.3 September 2013, Hal. 140-150.

Cristian AD. Selang. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 71-80

Darmadi, Hamid, 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial, Cetakan Kesatu, CV. Alfabeta, Bandung.

Dharmmesta, Basu Swastha, dan T. Hani Handoko, 2014. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta.

Griffin, Jill, 2005, Customer Loyalty, Edisi Revisi, Erlangga, Jakarta.

Hurriyati, Ratih, 2015. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen, Cetakan Keempat, CV. Alfabelta, Bandung.

Nucholifah, Ita. 2012. Manajemen Pemasaran, STAIN Pontianak Press. Pontianak.

Sandhi CH. Kakasih. 2014. Produk, Harga, Promosi Dan Filosofi Terhadap Loyalitas Konsumen Meubel Bambu Batik Tekun Jaya Di Kabupaten Kepulauan Sangehi. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 379-388.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV. Alfabelta, Bandung.

Sujarweni V. Wiratna, 2015. SPSS Untuk Penelitian, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v5i2.1455

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics