Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Pada PMD Astra Motor Air Upas

Rohman Rohman, Dedi Hariyanto, Fita Kurniasari Rohman Rohman
Dedi Hariyanto
Fita Kurniasari

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen membeli kendaraan roda dua merek Honda pada PMD Astra Motor Air Upas . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sampel yang digunakan berjumlah 50 responden.
Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier sederhana dengan persamaan regresi Ŷ = 1,818+0,593X menyatakan bahwa setiap peningkatan nilai satu satuan dari variabel bauran pemasaran, maka nilai keputusan pembelian bertambah 0,593. Hasil penelitian berdasarkan koefisien korelasi (R) sebesar 0,713 artinya terdapat hubungan yang kuat antara bauran pemasaran dengan keputusan pembelian. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,509 artinya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sebesar sebesar 50,9% dan sisanya 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji kelayakan model (Uji F) menyatakan bahwa model regresi linier sederhana dapat digunakan untuk memprediksi keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran dengan nilai F hitung 49,700 lebih besar dari nilai F tabel 4,03 atau 49,700 > 4,03.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemsaran. Edisi ke 12, Jilid I, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Patma, Isnani. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Pada PT Daya Anugrah Mandiri Cabang Samarinda. Administrasi Bisnis. Vol. 1 (4): 384-394.

Putra, Pratama, Alief. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki. Riset Manajemen. Vol, 5 (6): 2461-0591.

Siregar, Syofian. 2017. Statistik Parametric Untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV.ALFABETA, Bandung.

Wangarry, L, Calvin. Tumbel, Altje dan Karuntu,M, Merlyn. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA. Vol. 6, No. 4. Hal. 2058-2067.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v5i2.1447

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Productivity that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

website statistics