PENGARUH PEMAHAMAN PRODUK (FAMLIARITY) PERBANKAN SYARIAH TERHADAP NASABAH MENABUNG DI iB HASANAH PT. BANK BNI SYARIAH CABANG PONTIANAK

Neni Triana, Fadhil Mahdi

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman produk Bank Syariah (familiarity) terhadap keputusan nasabah menabung di iB Hasanah PT. Bank BNI Syariah Cabang Pontianak. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan rumusan masalah penelitian asosiatif dengan hubungan kausal sebagaimana yang dijelaskan oleh Sugiyono. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan karakteristik: responden di dominasi oleh perempuan sebesar 52 %, dan sebagian besar responden baru menjadi nasabah kurang dari 1 tahun (<1 tahun) sebanyak 53 %. Berdasarkan uji koefisien normalitas, uji validitas dan reliabilitas adalah masing-masing data terdistribusi dengan normal (0,717 > 0,05) dan seluruh item pernyataan kuesioner yang mewakili tiga variabel bebas: objective knowledge (X1), subjective knowledge (X2), dan experience (X3) dan satu variabel terikat keputusan nasabah menabung (Y) dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji determinasi (R2) menunjukkan bahwa terdapat fakotr lain sebesar 48,2 % diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung lebih besar daripada F tabel (31,995 > 2,699 ) berarti masing–masing variabel X (familiarity) secara simultan atau bersama–sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, sedangkan variabel yang secara parsial paling dominan memengaruhi variabel Y adalah variabel X1 (objective knowledge).

Kata Kunci: familiarity,objective knowledge,subjective knowledge,experience, keputusan menabung

 

 

ABSTRACT

The aim of this research is to investigate the effect of familiarity of sharia banking product on customers’ decision to deposit in IB Hasanah PT. Bank BNI Syariah Pontianak branch. Qualitative method and associative research are carried out on an-going basis with causal relationship as explained by Sugiyono. The respondents of the research consisted of 100 people characterized by the domination of women with 52%, and most of the respondents are categorized new customers less than a year (<1 year) of 53%. Based on normality coefficient test, validity and reliability test, the data are respectively distributed normal with (0,727 > 0,05), and the whole items of questionnaire which represent three independent variables: objective knowledge (X1), subjective knowledge (X2), dan experience (X3), and one dependent variable on customers’ decision to deposit (Y) are stated valid and reliable. The test result of determination (R2) showed that there are other factors out of the scope of this research. The F result test also discovered that F value of 48,2% is bigger than F table (31,995 > 2,6999) which means each X variable (familiarity) has a significant effect on Y variable simultaneously, while parsially dominant variable influences the Y variable which is X1 (objective knowledge) variable.

Keywords: familiarity, objective knowledge, subjective knowledge, experience, decisons to deposi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, (2016). Annual Report Bank BNI Syariah 2016 [online]. Tersedia di http://www.bnisyariah.co.id/

Anonim, (2016). Profile Perusahaan [online]. Tersedia di http://www.bnisyariah.co.id/profile-perusahaan

Anonim, (2016). Riba Jahiliah [online]. Tersedia di http://muslim.or.id/574-riba-jahiliah.html

Antonio, Muhammad Syafii, (2012). Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktek (Hard Cover). Jakarta: Gema Insani.

Greener, Sue & Joe Martelli. (2015). An introduction to Business Research Methods 2 nd edition, e-book, bookboon.com.

Harian Detik Finance Tanggal 05 November (2016). Banyak Bank Tutup Akibat Krisis 1998 Jadi Alasan Dibentuknya LPS. [online]. Tersedia di https://finance.detik.com/moneter/3338307/banyak-bank-tutup-akibat-krisis-1998-jadi-alasan-dibentuknya-lps

Harian Kompas Tanggal 13 Agustus. (2012). Tiga Masalah Terbesar di Bank Syariah. [online]. Tersedia di http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/08/13/15282835/Tiga.Masalah.Terbesar.di.Bank.Syariah

Jiang, Pingjun & Bert Rosenbloom. (2013). Consumer Knowledge and External Pre-Purchase Information Search: A Meta-Analysis of the Evidence. Emerald Group Publishing. Jurnal Consumer Behavior, Volume 15, 353-386.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi-13, Jilid 1, terj. Bob Sabran, Jakarta: Erlangga.

Manan, Abdul. (2012). Hukum Ekonomi Syariah: Dalam Perspektif Kewenangan Peradilan Agama, Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nitisusatro, Mulyadi. (2011). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Suharjo, Bambang. (2013). Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rivai, Veithzal; Andi Buchari. (2009). Islamic Economics: Ekonomi Syariah Bukan Opsi, Tetapi Solusi. Jakarta: Bumi ASuharjoksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sofyan, M. I., & Rohman, F. (2011). Pengaruh Familiarity dan Usability terhadap Customer Satisfaction serta Customer Loyalty pada Pengguna Facebook (Studi pada Masyarakat Kota Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(1), 47-56.

Solomon, M., Russell-Bennett, R., & Previte, J. (2012). Consumer Behaviour. Pearson Higher Education AU.

Usman, Husaini., Purnomo Setiady Akbar. (2014). Pengantar Statistika Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Umar, Husein. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 2. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jmm.v13i2.765

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.licenseURL##: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Motivation Management that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

website statisticswebsite statistics