OPTIMALISASI PELAYANAN (SERVICE) PUSKESMAS DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KUBU RAYA PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Ryani Yulian, Yeni .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan kajian optimalisasi pelayanan puskesmas dalam peningkatan layanan meliputi: pengukuran kebutuhan, keinginan, harapan  dan persepsi masyarakat selaku pengguna jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis kualitas dengan pendekatan IKM dan model SERVQUAL (Service Quality), analisis kualitatif menggunakan Diagram Kartesius serta terakhir  analisis optimalisasi dengan pendekatan medan kekuatan (Force Field Analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai indeks sebesar 2,65 yang dikonversikan dengan nilai dasar adalah 65,10 secara keseluruhan  kinerja unit pelayanan Puskesmas adalah baik.  Dari atribut pelayanan, ada 10 atribut pelayanan termasuk kategori Baik (B), dan 3 unsur pelayanan yang termasuk kategori Kurang Baik (C). Dari 3 unsur pelayanan yang termasuk ketegori Kurang Baik (C), indeks terendah adalah atribut kecepatan pelayanan (P7). Optimalisasi pelayanan dituangkan dalam matrik dengan skala prioritas melengkapi fasilitas dan ketersediaan obat-obatan yang penting, rasio tenaga  kesehatan, pengembangan sistem pelayanan, dan supporting budget serta melibatkan unsur atau  instansi yang terkait.

Kata Kunci: indeks kepuasan masyarakat, pelayanan, puskesmas, kebutuhan, keinginan, harapan, persepsi

 

ABSTRACT

This study reviews the optimization of Community Health Care services in improving public health service that includes the measurement of needs, wants, hopes, and perception of service users. The method of research uses three stages nameky; descriptive method of quality analysis and SERVQUAL model, Cartesian Diagram, and optimization analysis with Force Field Analysis. The findings suggested that score of indexes of community satisfaction of the overall performance of Community Health Care is good with mean score 65,10. Out of the attributes of services, there were 10 attributes of services classified as good, and 3 attributes of services classified as poor. The lowest index of the attributes of services was speed of service The optimization of services is imprinted into matrix with priority scale to complete the facility, the availability of essential medicine, and the ratio of health workers, the development of service system, supporting budget and participation from relevant agencies.

Keywords: indexes of community satisfaction, service, community health care, needs, wants, hopes, expectations


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Effendi, Keperawatan dan Komunitas Teori dan Praktik Dalam Keperawatan, Jakarta, Salemba Medika, 2009

Kotler, Philip, Marketing Management : The Millenium Edition, Jilid I, Jakarta : Prenhallindo, 2002.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran (Principles of Marketing 8e), Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I, Jakarta : Erlangga, 2001.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, Alih Bahasa oleh : Benyamin Molan, Jakarta : PT. INDEKS, 2008.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004, Tentang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

H. M. Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya), Kencana Prenada Media Group, 2010.

Supriyanto, S dan Damayanti, Nyoman Anita, Perencanaan dan Evaluasi, Surabaya, Airlangga University Press, 2007.

Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Edisi II, Yogyakarta : ANDI, 2004.

Umar, Husein, Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36, Tentang Kesehatan, Tahun 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jmm.v13i2.760

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.licenseURL##: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Journal of Motivation Management that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

website statistics website statistics