PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MOBIL HONDA PADA HONDA DAYA MOTOR DI KOTA PONTIANAK

Sumiyati Sumiyati, Jakaria Jakaria Sumiyati Sumiyati
Jakaria Jakaria

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran yang dilakukan oleh Honda Daya Motor terhadap keputusan konsumen membeli mobil Honda pada Honda Daya Motor di Kota Pontianak. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah membeli mobil di Honda Daya Motor dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji kelayakan model.

Hasil uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas menunjukkan bahwa data sudah memenuhi persyaratan valid, reliabel dan normal. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persamaan regresi linear sederhana adalah Y = 3,240 + 0,250 X. Hasil koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,243 yang menunjukkan bahwa bauran pemasaran mempunyai hubungan yang positif namun rendah terhadap keputusan konsumen membeli mobil Honda di Honda Daya Motor. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,59 yang berarti bahwa 5,9% keputusan konsumen membeli mobil Honda di Honda Daya Motor dipengaruhi oleh bauran pemasaran dan sisanya sebesar 94,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Hasil uji kelayakan model nilai F hitung sebesar 6,159 > F tabel 3,94, dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,015 (lebih kecil dari 0,05), menunjukkan bahwa model regresi linear sederhana dapat digunakan untuk memprediksi keputusan konsumen membeli mobil Honda yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran.

Kata kunci:  Bauran pemasaran, keputusan konsumen, honda daya motor


References


Drumond, Helga, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Jilid 1, edisi kelima, Erlangga, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit: Universitas Diponegoro, Semarang.

Harjasiswi, Dara Patria, dan Ai Lili Yuliati, 2014, Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Smartphones Merek Samsung Berbasis Android (Study pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Angkatan Tahun 2010-2013), Vol 01 No 02.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangg, Jakarta.

--------, 1992, Dasar Dasar Pemasaran, PT. Midas Surya Grafindo, Jakarta.

Lamb, Chales W, Joseph F Hair dan Carl Mcdaniel, 2001. Pemasaran. Alih bahasa David Octavaria, Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, 2009, Manajemen Pemasaran Jasa, edisi kedua, salemba empat, Jakarta.

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan kelima, Alfabeta, Bandung.

------------, 2007, Metode Penelitian Administrasi, CV. Alfabeta, Bandung.

------------, 2011, Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sumanto, 2014, Teori dan Aplikasi Metode Penelitian, CAPS. Jakarta.

Supryanto, 2009, Metodologi Riset Bisnis, PT. Indeks. Jakarta.

Trestnanda, Dick Arya., dkk, 2014, Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian rumah, Vol. 8 (01), 1-9.

Umar, Husein, 2014, metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Cetakan Ketiga Belas, Rajawali Pers. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jmm.v13i1.562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Manajemen Motivasi that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

website statistics