Kepuasan Terhadap Pelayanan Pasien Di Puskesmas Kapuas Kabupaten Sanggau

Wahyuni 01 Wahyuni 01

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sanggau Tahun 2014 di Kabupaten Sanggau.Penelitian ini menggunakan metode survey, yang menggunakan data observasi, wawancara, dan kuesioner Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pernah berobat di Puskesmas Kapuas.Jumlah sample dalam penelitian ini adalah 60 orang yang  telah berobat minimal 2 kali. Variabel penelitian menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari Keandalan (Realibility), Kesigapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) dan Nyata (Tangibles) yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Pernyataan dalam skala likert tersebut berhubungan dengan tingkat kepentingan (harapan) dan kinerja pelayanan kesehatan di Puksesmas Kapuas di Kabupaten Sanggau. Teknis Analisis data secara Kualitatif diubah ke dalam Kuantitatif melalui diagram Kartesius.Hasil analisis tingkat kepentingan dan kinerja memperlihatkan bahwa responden tidak puas dengan kinerja pelayanan yang diberikan oleh pihak Puskesmas. Ketidak puasan ini tercermin dari nilai peringkat kepentingan (Y) rata-rata sebesar 4,35% dan peringkat kepuasan (X) rata-rata sebesar 4,26%. Artinya, bahwa kinerja pelayanan yang di berikan di Puskesmas Kapuas lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kepentingan (harapan) responden, sehingga responden tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Atribut-atribut yang menyebabkan responden tidak puas (Kuadran A:prioritas rendah) antara lain keramahan pegawai Puskesmas Kapuas; dan kemudahan dalam mengurus administrasi.

 

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Puskemas, Sanggau


References


Buchari Alma. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Lembaga Penerbit alfabeta. Bandung

Dinkes Propinsi Kalbar, Buku Panduan Manajemen Penyuluhan Kesehatan Masyarakat Tingkat Puskesmas. Pontianak, 2001.

Husein Umar 2003 Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen.Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Sofyan Siregar. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Keputusan MENPAN No. 25 Tahun 2004

Nasution.M.Sc.AP.U.2004 Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality manaje-men). Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nazir, 2003. Metode Penelitian, Penerbit Ghalia Indonesia , Jakarta.

Parasuraman A, Zeithaml A Valerie dan Berry Leonard, 2007. Kualitas Pelaya-nan, Bayumedia publishing, Jakarta.

Subdin Informasi dan Perencanaan Kabupaten Sanggau, Profil Kesehatan Kabupaten Sanggau Tahun 2011. Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, 2011.

Umar Husein 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jmm.v12i3.461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Manajemen Motivasi that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

website statistics