Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Bingka Khatulistiwa Di Kota Pontianak

Edy Suryadi, Necky Saputra Edy Suryadi
Necky Saputra

Abstract


Permasalahan dalam penulisan ini adalah apakah bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Bingka Khatulistiwa di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli Bingka Khatulistiwa di Kota Pontianak. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 100 responden yang diambil secara accidental sampling dari seluruh pelanggan yang membeli Bingka Khatulistiwa di Pontianak. Hasil uji validitas, baik variabel produk, harga, promosi dan tempat sebagai variabel bebas maupun keputusan konsumen sebagai variabel terikat menunjukkan bahwa daftar kuesioner yang disampaikan kepada responden telah memenuhi persyaratan validitas. Hasil uji reliabilitas, baik variabel variabel produk, harga, promosi dan tempat sebagai variabel bebas maupun keputusan konsumen membeli Bingka Khatulistiwa di Kota Pontianak sebagai variabel terikat menunjukkan bahwa daftar kuesioner yang disampaikan kepada responden telah memenuhi persyaratan reliabilitas. Karena memiliki koefisien cronbach’s alpha sama dengan 0,60 atau lebih. Persamaan atau estimasi regresi yang dapat dituliskan berdasarkan hasil pengolahan data dapat dituliskan : Ŷ  =  0,398 + 0,938X. Dari hasil analisis korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara bauran pemasaran dengan keputusan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang cukup kuat antara bauran pemasaran dengan keputusan konsumen. Uji koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,335. Hal ini berarti bahwa 33,5% (1 x 0,335 x 100%) keputusan konsumen membeli Bingka Khatulistiwa di Kota Pontianak dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran, sedangkan sisanya yaitu sebesar 66,5% (1 – 0,335 x 100%) keputusan konsumen membeli Bingka Khatulistiwa di Kota Pontianak dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa uji kelayakan model variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 49,359 > F tabel 2,47 serta memiliki nilai signifikan (sig) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, artinya Model regresi linear sederhana tersebut dapat digunakan untuk memprediksi keputusan konsumen yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran..

 

Kata Kunci : Bauran Pemasaran Dan Keputusan Konsumen


References


Arikunto, Suharsimi.(2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.

Artikel Jurnal Algrina Agnes Ulus, 2013, Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Pada PT. Astra Internasional Manado, Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 1134-1144

Artikel Jurnal Isnani Patma, 2013, Pengaruh Bauran Pemasaran TerhadapKeputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Pada PT. Daya Anugrah Mandiri Cabang Samarinda, Volume 1, Nomor 4.

Adisaputro, Gunawan, 2010, Manajemen Pemasaran (Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran), Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung, Alfabeta.

Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko. (2000). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Drummond, Helga. (2003) , ”The Darker Side of Innovation.” Journal of Information Technology, Volume 18, Number 2.

Fajar, Laksana; 2008. Manajemen Pemasaran,ed. pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hariwijaya, M dan Bisri M. Djaelani (2004). Teknik Menulis Skripsi dan Thesis. Yogyakarta : Zenith Publisher

Husein Umar. (2005). Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Istijanto. 2006. Riset Sumber Daya Manusia. Edisi kedua.Jakarta : PT. GramediaPustaka.

Kotler, Philips. 2004. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Terjemahan Drs. Benyamin Molan. PT Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. and Kervin Lane Keller 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid I & II. PT. Indeks, PT Mancana Jaya Cermelang, Jakarta.

Kotler Dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas.

Kotler, dan Armstrong. (2008). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Martono Nanang. 2011. Metode penelitian kuantitaif analisis isi dan data sekunder. Jakarta: PT R aja Grafindo Persada.

Nazir, Moh, 2004 Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nugroho J. Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bandung: Prenada Media.

Ratih Hurriyati, (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jmm.v12i3.455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Manajemen Motivasi that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

website statistics