EfektivitasPembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan KonvensionalTerhadap Tingkat KeberhasilanBelajarMahasiswa (StudiKasusMahasiswa Program StudiManajemenFakultasEkonomiUniversitasMuhammadiyah Pontianak

Fenni Supriadi Fenni Supriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Learning berbasis web pada matakuliah e-commerce terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak. Metodepenelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah Mahasiswa yang mengambil matakuliah e-commerce pada Program Studi Manajemen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis web dan media pembelajaran konvensional berdasarkan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran media e-learning berbasis web terhadap tingkat keberhasilan belajar mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang mengikuti perkuliahan e-commerce di kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan di kelas kontrol yang menggunakan media pembelajarankonvensional (84,04 > 74,28)

 

Kata kunci : Media pembelajaran, E-Learning, Konvensional, Hasil belajar

References


Darmawan, Deni.(2007). Teknologi informasi dan komunikasi. ARUM MANDIRIPRESS. Bandung.

Herry, Asep. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta.

Khasan Bisri. 2009. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran E-learning Berbasis Browser Based Training Terhadap Prestasi Belajar.

Koran, Jaya Kumar C. 2002, Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malaysia.

Mayer, R. E. 2001. Multimedia Learning. USA: Cambride University Press.

Muhammad Sobri, (2013), Efektivitas Pembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan Konvensional Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bina Darma Palembang)

Prakoso, Setiyo. (2005). Membangun e-learning Dengan Moodle. Andi Opsett. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jmm.v12i2.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Manajemen Motivasi that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

website statistics