Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Jasa King Laundry Pontianak

Siti Khadijah Siti Khadijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pelanggan menggunakan jasa King Laundry Pontianak.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang menggunakan jasa King Laundry Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan sebagai berikut: pernah menggunakan jasa King Laundry Pontianak minimal 2 kali, dan konsumen melakukan pembayaran atas nama sendiri. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif regresi linear berganda. Analisis regresi linier berganda dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), bukti fisik (X7) terhadap keputusan pelanggan  menggunakan jasa King Laundry Pontianak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang menggunakan jasa King Laundry Pontianak sebagian besar berjenis kelamin laki-laki, berumur 20-29 tahun, tingkat pendidikan SMA, bekerja sebagai swasta, dan memiliki penghasilan Rp. 1.500.000 – Rp. 2.499.000. Determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,504. Koefisien korelasi (R) menunjukkan nilai sebesar 0,710. Uji analis F secara parsial terhadap 7 variabel independent yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. F tabel yang diperoleh adalah sebesar 2.10. Hal ini menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (13,346 > 2,10) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Uji t secara parsial terhadap 7 variabel independent yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hasilnya ada di antara berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian ada juga yang tidak yaitu: produk (5,035 > 1,980) berpengaruh secara parsial, harga (1,314 < 1,980) tidak berpengaruh secara parsial, tempat (3,709 > 1,980) berpengaruh secara parsial, promosi (0,345 < 1,980) tidak berpengaruh secara parsial, orang (-0,136 < 1,980) tidak berpengaruh secara parsial, proses (-2,077 > 1,980) berpengaruh secara parsial, dan bukti fisik (0,354 < 1,980) tidak berpengruh secara parsial

 

Kata Kunci: Bauran Pemasaran dan King Laundry

References


Adi, Saputro. 2010. Manajemen Pema-saran Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

A. Hamdi, Rambat Lupiyoadi 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta:Selembe Empat.

Ahmad, Subagyo. 2010. Marketing In Business. Jakarta: Mitra WacanaMedia.

Agusnawar. 2002. Housekeeping Hotel. Yogyakarta: ANDI.

Agus, Widarjono. 2005. Ekonometrika Teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Ekonisia FE UII.

Buchari, Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung: CV Alfabeta.

Danang, Sunyoto. 2011. Metodologi Penelitian Ekonomi. Yogyakarta: CAPS.

Husen, Umar. 2008. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kotler, Phlip. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler. Philip, Gary Amstrong. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Murti Sumarni, Salamah Wahyuni. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Nandn Limakrisna, Supranto. 2007. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Selemba 4.

Nasir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nawawi, Hadari. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nucholifah, Ita. 2012. Manajemen Pemasaran. Pontianak: STAIN PontianakPress.

Priyatno, Duwi. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Prof. DR. Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV.Alfabeta.

Ratih, Hurriyati. 2008. Bauran Pema-saran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alpabeta

Rumekso. 2002. Operasional Tata Graha Hotel. Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana PrenadaMedia.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sofjan Assauri. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Syofian Siregar. 2013. Statisitik Parameti. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Taufiq, Amir. 2005. Dinamika Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Yazid. 2005. Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonisia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jmm.v12i1.438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Manajemen Motivasi that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

website statistics