Celebrity Endorser Dan Ekuitas Merek: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik?

Lisa Iin Hidayah, Novi Marlena Lisa Iin Hidayah
Novi Marlena - [ http://orcid.org/0000-0001-7262-5868 ]

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui keputusan pembelian minuman isotonik berdasarkan pengaruh dari celebrity endorser dan ekuitas merek. Produk minuman isotonik pada penelitian ini adalah Pocari Sweat. Subyek penelitian ini adalah seluruh anggota PB (Persatuan Bulutangkis) Suryanaga Surabaya yang berjumlah 109 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman isotonik, ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman isotonik dan cebrity endorser dan ekuitas merek seccara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman isotonik. Sehingga implikasi penelitian adalah untuk dapat mempertahankan posisi Pocari Sweat sebagai top brand dari minuman isotonik, dengan menjaga kualitas celebrity endorser yang digunakan.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Jakarta: Penerbit Mitra Utama.

Alfionita, C. M., Suharyono, & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone di Counter Handphone MATOS). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 178–185.

Andrianto, N. F., & Sutrasmawati, E. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image pada Proses Keputusan pembelian. Management Analysis Journal, 5(2), 104–109.

Basu Swasta, D., & Irawan. (2000). Manajemen pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Caturini, R. Industri Minuman Isotonik Tumbuh 6,24% per Tahun (2016). Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/industri-minuman-isotonik-tumbuh-624-per-tahun

Gupta, T. (2014). Impact of Celebrity Endorsement on Purchase Decisions: A Study Among Youth of Bareilly. International Journal of Management Research & Review, 4(11), 1041–1046.

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Khan, A., & Lodhi, S. (2016). Influence Of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Decison: A Case of Karachi. Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), 2(1), 102–111.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th ed. New Jersey: Pearson Education Inc.

Prajapati, M. C., & Makwana, A. K. (2017). Impact of Brand Equity On Consumer Purchase Decison of Diary Products. International Journal of Business Quantitative Economics and Applied Management Research, 4(1), 115–121.

Pratama, F., & Munandar, J. M. (2010). Analisis Brand Equity Pocari Sweat Dalam Persaingan Industri Minuman (Studi Kasus : Mahasiswa di Bogor). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, I(1), 24–29.

Pusat Data dan Sistem Informasi. (2017). Statistik Konsumsi Pangan. Jakarta: Kementrian Pertanian.

Putra, S. C. (2017). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Produk Strap Leather King. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(5), 574–583.

Rangkuti, F. (2002). The Power of Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rini, A. S. Industri Minuman Ringan Tumbuh Positif (2018). Retrieved from https://ekonomi.bisnis.com/read/20180722/257/819402/akhir-2018-industri-minuman-ringan-tumbuh-positif

Shimp, A. T. (2006). Periklanan Promosi dan Aspek Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Siregar, D. I. Industri Minuman Berkontribusi Besar ke Ekonomi Nasional (2018). Retrieved from https://www.medcom.id/ekonomi/mikro/GNGqQdlk-industri-minuman-berkontribusi-besar-ke-ekonomi-nasional

Suharyani, K. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk mInuman Teh Botol sosro pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5(1), 1–13.

Tunjungsari, H. K., & James. (2017). Pengaruh Sport Celebrity Endorser dan Brand Equity pada Keputusan Pembelian Produk.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Manajemen Motivasi that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

website statistics