Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Pelumas Merek Fastron PT. Pertamina di Mempawah

Julianto . Julianto .

Abstract


The study examines the factors that can influence consumer behavior in purchasing brand lubricants Fastron PT. Pertamina in Mempawah. This is a descriptive study design and data collection techniques used for questionnaires and observation techniques. The samples in this study using purposive sampling and sample of 100 people. Analysis of the data used is the factor analysis and the data processed with the help of the Computer Program Statistics Package for Social Sciences (SPSS). The test results showed that the number of factors that are formed based on the Eigenvalues, percentage of variance, and the cumulative percentage of variance is as much as 7 (seven) factors, namely; factor of the mind, a factor of affordability, the price factor, quality factor, satisfaction factors, factors of knowledge about the brand, influence factor friend / sales with the high percentage of cumulative variation (cumulative percentage of variance) of 77.276%.

References


Angipora, Marius P. Dasar-dasar Pema-saran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2001.

Alhusin, Syahri, 2010. Aplikasi Statistik Praktis dengan SPSS. 16 For Windows, Edisi Revisi, Cetakan Pertama, Jakarta : Graha Ilmu

Engel James F., Blackwell Roger D., dan Miniard Paul W., 2009, Perilaku Konsumen, Jilid I, Tangerang: Binarupa Aksara Publisher.

Kotler, Philip, 2004, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa : Benyamin Molan, Edisi Milenium, Jilid I, Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran (Judul Asli: Marketing Manajemen). Edisi 12 Jilid 1. Penerjemah: Benjamin Molan, dkk. Jakarta: Indeks, 2003.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I. Penerjemah: Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga,2006.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid I, Alih Bahasa : Benyamin Molan, Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa : Benyamin Molan, Edisi Milenium, Jilid I, Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran (Principles of Marketing 8e), Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I, Jakarta: Erlangga.

Maria Ulfa. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Proses Keputusan Pembelian Pelumas Fastron PT. PERTAMINA IPB Bogor, 2011

Mowen C. John dan Minor Michael, Perilaku Konsumen, Penerjemah: Lina Salim.Jakarta: Erlangga,2001.

Payne, Adrian, 2000, Pemasaran Jasa, Diterjemahkan oleh Fandy Tjiptono, Edisi I, Yogyakarta: Andi.

Raeyssa Permata Kasih , analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk merek Value Plus di Matahari Hypermart, Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1 No.2, Juni 2009

Riduwan, Dasar-dasar Statistika, Edisi Revisi, Bandung: Alfabeta, 2010.

Singarimbun, Masri dan Efendi, Sopian, Metode Penelitian Survey, Penerbit LP3ES Jakarta, 2003.

Sugiyono,Metode Penelitian Bisnis, Bandung : CV.ALFABETA, 2002.

Simamora, Bilson, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Singarimbun, Masri dan Efendi, Sopian, Metode Penelitian Survey, Penerbit LP3ES Jakarta, 2000.

Sugiyono,Metode Penelitian Bisnis, Bandung : CV.ALFABETA, 2002.

Swastha, Basu, dan Sukotjo W. Ibnu, 2002, Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Liberty

Siagian, Dergibson, dan Sugiarto, 2006, Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi, Cetakan Ketiga, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, Bilson, 2004, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Cetakan Kedua, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jmm.v10i1.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Manajemen Motivasi that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

website statistics