KOMPARASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUB MATERI TULANG SMA N 2 SUNGAI RAYA

YESI FITRIANI, Mahwar Qurbaniah YESI FITRIANI
Mahwar Qurbaniah

Abstract


Hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sungai Raya pada mata pelajaran biologi masih di bawah KKM (<75), khususnya pada materi Sistem gerak pada manusia dengan persentase ketuntasan 61,76%, perlu dilakukan penelitian untuk mencari model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar 2) menentukan model yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi tulang kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 (Picture And Picture) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 (Example Non Example). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan observasi langsung. Hasil uji U Mann Whitney diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas Picture And Picture dan Example Non Example. Nilai N-Gain kelas Picture And Picture dan Example Non Example berturut-turut 0,76 dan 0,59, berarti model Picture And Picture yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas Picture and Picture dan Example and Example. Model pembelajaran Picture And Picture merupakan model yang paling efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci :Picture And Picture, Example Non Example, HasilĀ  belajar, sub materi tulang.


References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Andriana, (2014). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran IPA.UNM. Malang.

Atikah Nur. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Dasar Guru Dalam Mengajar Dengan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal PPKn UNJ Online. Vol. 1. No. 2: 1-14.

Hartati. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Jurnal Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. No. 506.

Huda, Miftahul. (2014) . Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Imas Kurniasih. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Professional Guru.Kata Pena.Yogyakarta.

Jihad Asep. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jumanta, Hamdayama. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkrakter. Ghalia Indonesia. Bogor

Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.Jakarta.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sigit priatmoko,. (2013). Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Media Macromedia Flash dan Microsoft Powerpoint yang Disampaikan Melalui Pendekatan Chemo-Edutaintment. jurnal inovasi pendidikan kimia,vol 2,no 2, hal 299-304.

Susetiyono, (2010). Penerapan Model Syndicate Group Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Zaddan Wujudnya Untuk Kelas VII SMP. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Rizka Damanik (2013) Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar siswa di kelas x man lima puluh.

Wahyuningsih, (2015). Penerapan pembelajaran biologi berbasis macromedia flash dan Implikasinya terhadap keterampilan metakognitif dan penguasaan konsep. Jurnal. Pijar MIPA, Vol. X No.1, Maret 2015: 47-52

Wardika, (2014). Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Di Gugus Iii Kecamatan Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol : 2, No 1.

Vidhy. (2013). Perbedaan Pembelajaran Example Non Example Dengan Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Gerak Tumbuhan Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Ngemplak. UMS. Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP