MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI EVOLUSI KELAS XII IPA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN KUBU RAYA

Utin Dina, Anandita Eka Setiadi Utin Dina
Anandita Eka Setiadi

Abstract


Wawancara pra penelitian menunjukan, Madrasah Aliyah di Kabupaten Kubu Raya masih ada yang terindikasi mengalami miskonsepsi pada materi evolusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi evolusi kelas XII IPA Madrasah Aliyah di Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA yang berjumlah 76 orang. Subjek penelitian berasal di  MAN 1 Kubu Raya dan MA Al-Mustaqim di Kabupaten Kubu Raya. Pengumpulan data menggunakan three tier test dan wawancara. Wawancara dilakukan untuk mengetahui dan penyebab miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukan 40,46% siswa termasuk dalam kategori miskonsepsi, 37,83% siswa paham konsep, 14,47% siswa lack of knowledge, dan 7,24% siswa error. Berdasarkan hasil wawancara, penyebab miskonsepsi pada materi evolusi adalah pengetahuan yang berasal dari siswa itu sendiri, teman diskusi, bahan ajar dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru.

 

Kata kunci: Evolusi, Miskonsepsi, Tes tiga tingkat


References


Adrianto, O (2016). Penyebab Miskonsepsi Siswa Pada Materi Evolusi. Jurnal Fkip Biologi Universitas Tanjung Pura.

Campbell, 2008.Biologi Edisi kedelapan jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Endrawati, dkk.(2012). Aktifitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Inkuiri Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Evolusi. Jurnal BioEdu. 1(3): 17-20.

Futuyma, J Douglas. (2005). Evolution. Suderland, Massachusets: Sirnauer Associaters.

Gregory, T. R. (2009). Understanding Natural Selection : Essential Concepts and Common Misconceptions. Evo Edu Outreach. 1(2): 156-175.

Hoefenagels, M. (2012). Biology Concepts and Investigations. Second Edition. New York: McGraw-Hill.

Kaltakci, D. & Nilufer D. (2007) Identification of Pre-Service Physics Teachers’ Misconceptions on Gravity Concept: A Study with a 3 Tier Misconception Test.

Köse, Sacit. (2008). Diagnosis of eleventh grade students’misconceptions about geometric optic by a three-tier-test.Unpublished master’s thesis.

Lucassen, L. (2014). From Mutation to Relation ; The Challenges Of Personalised Medicine In The Genomic Age.

Muchtar & Harizal (2012). Analyzing of Students’ Misconceptions on Acid-Base Chemistry at Senior High Schools in Medan.3(15): 65-74.

Nabilah, dkk. (2014). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Mataram MenggunakanOne Tier dan Two Tier Test Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pijar MIPA. VIII(2) :64-69.

Saputra, A. (2017) Persepsi Mahasiswa Calon Gurur Biologi tentang Pembelajaran Materi Evolusi di SMA : Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelah Maret Surakarta. Jurnal Bioeducation 1,(2).

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Penelitian Fisika. Jakarta: PT Gramedia Wididasarana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP