PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPCHART PADA MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MATERI FUNGI SMA KEMALA BHAYANGKARI

Herditiya Herditiya, Hanum Mukti Rahayu Herditiya Herditiya
Hanum Mukti Rahayu

Abstract


Penggunaan media dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih belum dapat mengaktifkan siswa, diharapkan dengan media flipchart pada model learning cycle dapat membantu siswa untuk aktif dan memperoleh hasil yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh penggunaan media flipchart pada model learning cycle terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X materi Fungi SMA Kemala Bhayangkari. Bentuk penelitian yang digunakan adalah  quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sehingga ditetapkan kelas X IIS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 7 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji U Mann-Whitney diperoleh nilai signifikasi 0,00 < 0,05 sehingga diketahui terdapat perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa menggunakan media flipchart pada model learning cycle. Sedangkan berdasarkan perhitungan Effect Size, media flipchart memberikan pengaruh hasil belajar siswa sebesar 55,4% (tergolong besar) dan mempengaruhi aktivitas belajar siswa sebesar 77,4% (tergolong besar). Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan media flipchart dan LKS, serta terdapat pengaruh penggunaan media flipchart pada model learning cycle terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa.


References


Andri, Didin Syafarudin. (2015). Pengaruh Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa.Vol 1, No1.

Anom Jadmiko. (2015). Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Kartu Pintar Dan Lks Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia Kelas Xi Sma N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 No. 2

Budianto. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SMP Negeri Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Penelitian. Vol. 1 No. 2 Hal. 143-156. ISSN : 2337-6198.

Lee A Beeker. (2000). Effect Size (ES)-University of Colorado Colorado Springs

Nur Arifiadi dkk, (2013). Penggunaan Metode Demonstrasi Berbantuan Flipchart Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Tentang Getaran Di SMP. Pontianak : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNTAN.

Oki Nurhidayat, Eram Tunggul P, Bambang Wahyono (2012). Perbandingan Media Power Point Dengan Flip Chart Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut.Semarang: Unnes Journal of Public Health (1).

Siti Amaliah. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Terhadap Retensi Siswa Dalam Tatanama Ilmiah Pada Konsep Jamur. Jakarta : Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Siti Aisyah, dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Macromedia Flash Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas VIII SMPN 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 2.

Sri Astuti (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Berbasis Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Di SDN Patrang 1 Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. Vol 1 No. 2.

Suci Kusuma Dewi (2010). Penerapan Flipchart Dalam Pembelajaran Aktif Student Created Case Studies Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas Xi Ipa 4 Sma Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Surakarta : UNES.

Tri Andarini (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning ) Melalui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar : Bioedukasi. Volume 6, Nomor 2 .Halaman 38-53.

U. Kulsum, N. Hindarto (2011). Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Smp.Semarang : Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (2011): 128-133.

Uswatun Hasanah. (2015). Pengaruh Pengguaan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII MTs. Negeri 3 Jakarta (Kuasi Eksperimen Studi Kasus MTs. Negeri 3 Jakarta. Jakarta : Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Winda Astuti. (2012).Pengaruh Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jamur di SMA.Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.1 thn 2012.

Woro Sumarni (2010). Penerapan Learning Cycle Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Inferensia Logika Mahasiswa Melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar. Semarang : Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol . 4 No.1, 2010, hlm 521-531.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP