Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta

murti ambarwati hidayah, Nani Aprilia murti ambarwati hidayah
Nani Aprilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Inquiry terhadap keterampilan proses sains pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi dengan analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial.Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VII B dan VII C  sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII E sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa dan keterlaksanaan model pembelajaran selama pembelajaran berlangsung. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains kelompok kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem based learning dengan kelompok kontrol (thitung3,396>ttabel2,31), (2) terdapat perbedaan keterampilan proses sains kelas eksperimen dengan model pembelajaran guided inquiry dengan kelompok kontrol ( thitung3,263>ttabel2,31). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Inquiry berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

 




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/bio.v5i2.734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP