PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI PEMBELAHAN SEL KELAS XII SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA

Evi Eka Yanti Evi Eka Yanti

Abstract


Guru di SMAN 1 Sui Raya memerlukan media interaktif untuk pembelajaran biologi. Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis adobe flash pada materi sel. Penelitian ini menggunakan metode R&D model 4-D, yaitu tahap define (Pendefinisian), design (Perancangan), dan develop (Pengembangan), tanpa melakukan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash memiliki tingkat kevalidan pada aspek materi sebesar 85,93% (sangat valid), dan aspek media sebesar 88,97% (sangat valid). Uji coba skala kecil pada 15 siswa, 80,5% (sangat kuat) memberi respon positif dan uji coba skala besar dengan  siswa berjumlah 30 orang, 87,42% (sangat kuat) memberi respon positif. Disimpulkan media pembelajaran berbasis adobe flash yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa dalam pembelajaran biologi materi pembelahan sel.

 

Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran, adobe flash, pembelahan sel


References


Azhar arsyad.(2011). Media pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Cimer, A. (2012). What Makes Biology Learning Difficult And Effective: Student’s Views, Educational Research And Review. vol.7 no. 3

Fatiyati, R dan Runtut Prih, U. (2013).Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia FlashSebagai Sumber Belajar Bagi Siswa Sma/Ma Kelas Xi Semester 2 Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS.D030.

Fithriyah, I. & As’ari, A.R. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Untuk Jenjang SMP. Jurnal Matematika. 1 (3): 1-8

Hall, R.H. dan Hanna, P. (2004). The Impact Of Web Page Text Background Colour Combinations On Readability, Retention, Aesthetics And Behavioural Intention. Behavioural and Information Technology. Vol.23 No.3

Hesti, A.W,. Fitro, N.H. (2012). Media Pembelajaran Interaktiv Aksara Jawa Berbasis Flash.Jurnal Teknologi dan komunikasi. Vol.3 No. 2

Mulyatiningsih, Endang. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.Bandung : Alfabet.

Sanjaya, W.(2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad.(2011). Media Pengajaran.Bandung :Sinar Baru Algesindo.

Sujoko. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 1 (1).

Sukmadinata.(2007). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Ramaja Rosda karya.

Suryo.(2010). Genetika Manusia. Yogyakarta : Gadjah Mada University Pres.

Wicaksono, D.P., Kusmayadi, T.A., dan Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok Dan Kubus Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2 (5): 534-549.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP