ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X MAS AL-MUSTAQIM SUNGAI RAYA 2

Lina Herlina Lina Herlina

Abstract


Siswa belum mampu untuk memberikan gagasan, sebagian siswa merasa malu untuk mengemukakan idenya pada saat proses pembelajaran berlangsung, perlu adanya analisis kemampuan berpikir kreatif siswa untuk mengoptimalkan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir  kreatif siswa kelas XA pada matari virus  di MAS AL–MUSTAQIM Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA. Pengambilan subjek ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis data yang diperoleh  bahwa dari 29 siswa 4 siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif sangat tinggi, dengan  persentase 13,79%, 7 orang siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan persentase 24,13%. 11 orang memiliki kemampuan berpikir kreatif cukup tinggi dengan persentase 37,93% dan 7 orang siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dengan persentase 24,13%. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata persentase kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 55,28% maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XA MAS AL-MUSTAQIM Sungai Raya memiliki kemampuan berpikir kreatif cukup tinggi.

Kata kunci:  berpikir kreatif, materi virus


References


Djupanda dkk. (2015). Analisis Keterampilan Berpikir Krestif Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tudolako. Vol . 3, No 2

Hamalik, Oemar (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Munandar Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Nina Nurmasari, Tri Atmojo Kusmayadi, Riyadi. (2014). Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas XI IPA SMA 1 NEGERI Kota Banjarbaru. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.Vol.2. No.4.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Tri Murtiningrum, Ashadi, Sri Mulyani. (2013). Pembelajaran Kimia dengan Problem Solving menggunakan Media E-Learning dan Komik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inquiri. Vol 2. No.3.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP