STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DENGAN QUESTIONS STUDENTS HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI MAN KUBU RAYA

Giyanti Giyanti Giyanti Giyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI MAN KUBU RAYA antara yang diajarkan dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question (LSQ) dan strategi Questions Students Have (QSH), 2) untuk melihat strategi yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil uji U-Mann Withney diperoleh nilai signifikasi 0,000< 0,05. Sedangkan hasil perhitungan N-gain di Kelas Learning Start With A Question (LSQ) sebesar 0,81 dan kelas Questions Students Have (QSH) sebesar 0,65. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan strategi Learning Start With A Question (LSQ) dan strategi Questions Students Have (QSH). Strategi Learning Start With A Question (LSQ) merupakan strategi yang paling efektif dibandingkan strategi Questions Students Have (QSH).

Kata kunci: Learning Start With A Question (LSQ), Questions Students Have (QSH) Hasil belajar, Jaringan Tumbuhan

References


Anjawawi Kiki. (2013). Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 2. No. 2: 1-13

Hartati Risa dan Sholihin Hayat. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015).

Hendriyana Yuli. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dan Question Student Have Pada Kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Colomadu Karang Anyar. Vol. 6. No. 2: 1-12

Majid abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Nerita Siska, Juniati, Sudirman. (2013). Penggunaan Stategi Aktif Tipe Learning Stars With A Question (LSQ) Disertai Hand Out Pada pembelajaran Biologi Siswa kelas VIII SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie Kab. Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal FMIPA UNP. Vol. 1. No. 1: 1-5

Nina. (2012). Meningkatkan Kemampuan Bertanya Jawab Berdasarkan Isi Teks Bacaan Melalui Metode Diskusi Pada Kelas IV SDN Kaukes Kecamatan Bokan Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Kreatif Tadulako Onlie, Vol. 2. No. 3: 1-12. ISSN 2354-614x: 1-12

Pujiati. (2008). Peningkatan Motivasi Dan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 1. No. 1: 7- 10

Rizkianingsih. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya Kelas VIII MTs. UNNES Physics Education Journal. Vol. 2. No. 3: 47-53.

Riswani, E.F dan Widayati,Ani. (2012). Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With A Question Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas Xi Ilmu Sosial 1 Sma Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. X. No. 2: 1-21

Suryati Ernik, Yustini Yusuf, Yustina. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII3 SMP Negeri I Rimba Melintang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal PMIPA FKIP URP. Vol. 1. No. 1: 1- 11

Susatyo, Eko Budi, dkk. (2009). Penggunaan Model Learning Start With A Question Dan Self Regulated Learning Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol . 3 No.1: 406- 412

Wulansari, hetik.2012. Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa Kelas VII B SMP Negeri Porwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012 (Skripsi S-1 Progdi Biologi). Surakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP