PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SEL KELAS XI MA RAUDHATUL FIRDAUS KUBU RAYA

Nurhafizah ., Anandita Eka Setiadi, Adi Pasah Kahar Nurhafizah .
Anandita Eka Setiadi
Adi Pasah Kahar

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan berbasis inkuiri pada materi sel. Pengembangan dalam penelitian ini adalah memodifikasi model pengembangan 4-D yang direkomendasikan Thiagarajan. Hasil dari LKS berbasis inkuiri memenuhi kriteria kevalidan 94,05%. Uji coba pengembangan skala besar dilakukan dengan jumlah siswa 20 orang. Pada penelitian ini, data diperoleh dari hasil validasi oleh para validator dan pengisian angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) LKS yang dihasilkan layak digunakan, 2) Rata-rata hasil penilaian validasi LKS sebesar 94,05% dengan kategori sangat valid, 3) Respon siswa skala besar adalah 78,03% dengan kategori kuat. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa LKS berbasis inkuiri valid dan bisa diterapkan dalam pembelajaran materi sel.

 

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Inkuiri, Sel

 




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP