PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTs KELAS VIII

Dede rohimah Rohimah, Suhendar Suhendar, Billyardi ramdhan Billyardi ramdhan Dede rohimah Rohimah
Suhendar Suhendar
Billyardi ramdhan Billyardi ramdhan

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk penelitian profil kemampuan berpikir kritis siswa MTs kabupaten sukabumi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November ke-2 tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Mts Al-Muhajirin tentang penelitian ini Instrumen yang digunakan mengenai soal-soal kritisitas uraian soal lima butir soal dengan indikator 1) memfokuskan pertanyaan; 2) menyetujui asumsi; 3) mengobservasi dan mempertimbangkan suatu pengamatan; 4) memutuskan suatu tindakan; juga 5) membuat dan mempertimbangkan nilai keputusan.Hasil tes kemampuan berfikir kritis siswa dikategorikan rendah dengan persentase nilai kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata sebesar 44%. Pada umumnya proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga siswa menjadi tidak nyaman dan nyaman karena siswa hanya menghafal dalam belajar yang disebabkan karena guru tidak memfasilitasi siswa dalam belajar dengan cara membuat siswa yang senang belajar menjadi kurang. Namun, hasil tersebut dapat ditingkatkan. Salah satu model pembelajaran yang disarankan adalah model pembelajaran vee heuristik.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v7i2.2118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP