PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MEDIA SUMBER DAYA ALAM LOKAL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI SISWA

Nuri Dewi Muldayanti, Arif Didik Kurniawan, Selinovia Selinovia Nuri Dewi Muldayanti
Arif Didik Kurniawan
Selinovia Selinovia

Abstract


Pembelajaran IPA berkaitan dengan alam sehingga proses pembelajaran bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitar lingkungan. Kurang maksimalnya proses pembelajaran serta komunikasi antar guru IPA yang masih belum terjalin berpengaruh terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan dan pengaruh pembelajaran sains dengan menggunakan sumber daya alam (SDA) lokal melalui pendekatan saintifik berbasis lesson study terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Teluk Keramat. Penelitian ini menggunakan Quasy Exsperimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan Barlet Test, kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran, observasi langsung dan angket. Alat pengumpul data menggunakan tes hasil belajar (pretest dan poststest), dan angket. Hasil tes U-Mann Whiney hasil belajar diperoleh Sig 0,004 (0,004 <0,005), dan untuk U-Mann Whitney Test hasil motivasi belajar adalah hasil 0,008 (0,008 <0,05). Hasil perhitungan Pengaruh Ukuran hasil belajar diperoleh nilai 0,75 dengan persentase 43%, sedangkan hasil perhitungan Pengaruh Ukuran terhadap motivasi belajar diperoleh nilai 0,61 dengan pengaruh 38,2%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran IPA menggunakan sumber daya alam lokal melalui pendekatan saintifik berbasis lesson study.

 

Kata Kunci: hasil belajar, lesson study, motivasi, pendekatan saintifik, sumber daya alam lokal


References


Brahim, T. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 1, No.1:37-49.

Dahlia, Ibrohim dan Susianti, M. 2016. Pemanfaatan Potensi Hutan Wisata Baning Sebagai Sumber Belajar Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan di SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA PAscasarjana UM. Volume 1: 873-886.

Ibrohim. 2009. Pengaruh Model Implementasi Lesson Study Dalam Kegiatan MGMP Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang

Ibrohim. 2015. Pengembangan Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Discovery Learning / Inquiri dan Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan dan Sikap Ilmiah serta Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Prosiding Semnas sains & entrepreneurship ii:1-19.

Kurniasih, I. 2014. Sukses Mengimplemantasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Kurniawan, A.D dan Muldayanti, D.M. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantukan Macro Media Flash 8 Pada Mata Pelajaran Ipa Berbasis Lesson Study di SMP. Prosiding Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi UNS: 1161-1166.

Maduretno. 2016. Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Learning Cycle dan Discovey Learning Ditinjau Dari Aktifitas dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. JPFK. Vol. 2, No.1: 1-11.

Prayekti dan Rasyimah. 2011. Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 18, No.1: 56-60.

Primandari. 2013. Pengaruh Implementasi Lesson Study Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tabanan.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Russefendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetisinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.1(1):133.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Susilo. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang. Bayumedia Publishing

Sumardi, Subandi.,T & Sutarni. 2015. Model Pembinaan Dosen Berbasis Program Perluasan Lesson Study untuk Penguatan Proses Pembelajaran Di LPTK FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal University Research Colloquium.Vol. 1, No. 1:76-78.

Theresia, K Brahim. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur. Nomor 09 Tahun ke 6

Winarsih. 2012. Peningkatan Profesionalisme Guru IPA Melalui Lesson Study dalam Pengembangan Model Pembelajaran PBI. Jurnal JPII. Vol. 1, No. 1: 43-50.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v7i1.1934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP