EFEKTIVITAS MODUL REUSEABLE PRODUCTION MELALUI ECOBRICK TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Nurhafizah Nurhafizah, Nur Kusuma Dewi, Talitha Widiatningrum Nurhafizah Nurhafizah
Nur Kusuma Dewi
Talitha Widiatningrum

Abstract


Indonesia berada diperingkat kedua sebagai penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai 187,2 juta ton. Selain itu, ditemukan kejadian luar biasa dengan kematian 21 ekor penyu di Paloh, Kalimantan Barat. Kejadian tersebut merupakan salah satu permasalahan dari materi perubahan lingkungan. Berdasarkan hasil wawancara guru dan siswa di SMA Negeri 1 Jawai, menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013, dan bahan ajar yang digunakan yaitu buku paket dan lembar kerja siswa. Sedangkan hasil dari wawancara siswa yaitu siswa menyukai materi perubahan lingkungan karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, tetapi belum sepenuhnya diterapkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan modul reuseable production melalui ecobrick terhadap keterampilan siswa materi pencemaran lingkungan. Efektivitas penggunaan modul ini diukur dengan menggunakan angket respon siswa pada pembuatan proyek. Data yang diperoleh dari hasil nilai keefektivan modul reuseable production melalui ecobrick  terhadap keterampilan siswa sebesar 82,5% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut,  dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul reuseable production melalui ecobrick efektif terhadap keterampilan siswa pada materi pencemaran lingkungan.

Kata Kunci: Modul, ecobrick, keterampilan siswa, pencemaran lingkungan


References


Azizah Ratna, Dewi, N. K & Bintari, S. H. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Perubahan Lingkungan Bervisi SETS Berorientasi Bioentrepreneurship. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.

Hoornweg, Daniel, and Perinaz Bhada-Tata. 2012. What a waste: a global review of solid waste management, World Bank.

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1): 28-35.

Nasichah, N. & Harmanto. (2019). Peran Sanggar Hijau Indonesia dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik melalui Program Ecobrick di SMA Negeri Mojoagung Jombang. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(2):571-585.

Nuraini, S. 2016. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bervisi SETS untuk Materi Perubahan Lingkungan. Tesis. Universitas Negeri Semarang.

Rahayu, E. 2011. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7: 106-110.

Sudjono. A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajo Grafindo Persada.

Widiana, I. W. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5(2): 823-834.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v7i1.1869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP