PENGARUH MEDIA TANAM PASIR, ARANG SEKAM, DAN APLIKASI PUPUK LCN TERHADAP JUMLAH TUNAS TANAMAN TIN (Ficus carica L) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Asih Fitriana Dewi, Tika Mayang Sari, Hifni Septina Carolina Asih Fitriana Dewi
Tika Mayang Sari
Hifni Septina Carolina

Abstract


Media yang porous seperti pasir merupakan salah satu media yang cocok digunakan dalam budidaya tanaman tin (Ficus Carica L.) karena tanaman tin hidup pada media yang bersifat porous. Untuk mengatasi kehilangan unsur-unsur hara saat penyiraman karena media tanam bersifat porous maka dari itu dalam penelitian ini menggunakan beberapa kombinasi media tanam seperti arang sekam, pasir dan aplikasi pupuk LCN (Limbah Cair Nanas). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian berupa rancangan acak lengkap (RAL), dengan dua faktorial perlakuan dan satu kontrol, setiap perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak 4 kali. Kontrol yaitu media tanam berupa pasir dan tidak diberi perlakuan apapun, dua faktorial perlakuan dengan faktor pertama media tanam berupa pasir + arang sekam sedangkan faktor kedua aplikasi pupuk LCN (Limbah Cair Nanas) yang terdiri atas 2 macam yaitu tanpa aplikasi pupuk LCN (Limbah Cair Nanas)   3 ml dan aplikasi pupuk LCN (Limbah Cair Nanas) 20 ml. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tanam pasir, arang sekam dan aplikasi pupuk LCN (Limbah Cair Nanas) terhadap jumlah tunas tanaman tin (Ficus carica L.). Dengan menghitung jumlah tunas pada hari pertama penelitian dan menghitung jumlah tunas pada hari  terakhir penelitian kemudian mengambil rata-rata jumlah tunas selama penelitian dengan 4 kali ulangan. Nilai rerata jumlah tunas dengan perlakuan media tanam pasir, arang sekam dan aplikasi pupuk LCN menunjukan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kontrol. Rerata pertumbuhan berupa jumlah tunas tertinggi yaitu pada perlakuan M1L1 (media tanam pasir,  arang sekam dan aplikasi LCN 3ml). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh hasil tidak signifikan yang artinya tidak berbeda nyata pengaruh interaksi media tanam pasir, arang sekam dan aplikasi pupuk LCN sehingga tidak dilakukan uji lanjut Tukey.


References


Bernas, S. M. E., Komara, M. B., Prayitno., dan S. N. A. Fitri. 2005. Pengaruh Zeolit dan Pupuk NPK Terhadap Sifat Fisik Tanah Ultisol Berpasir dan Produksi Kedelai. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengembangan Wilayah Kering I 1999. Universitas Riau.

Fauza, Saniar. 2016. Pertumbuhan stek tanaman tin (ficus carica l.) Pada berbagai media tanam dan Aplikasi Azotobacter chroococcum. Agrotropika Hayati Vol. 3. No. 3 Agustus 2016.

Hasanah, Siti Milatil, Rahayu, Tintrim, dan Hayati, Ari. 2019. Penggunaan Zat Pengatur Tumbuh, Media dan Jenis Batang Pada Pertumbuhan Stek Tin (Ficus carica L.). e-Jurnal Ilmiah Biosaintropis (Bioscience-Tropic) Volume 4 no 2 hal. 26-33.

Iskandar, F. 2007. Pohon Buah Tin, Gampang Budidayanya, Besar Faedahnya. http://www.majalahpengusaha.com/. Diakses pada senin 26 Oktober 2019.

Pamungkas, D.H. 2003. Pengaruh Lama Penyimpanan Bahan Stek dan Macam Zat Pengatur Tumbuh terhadap Pertumbuhan Stek Lada (Piper nigrum, L.). Prosiding Penerapan Tepat Guna dalam Mendukung Agribisnis. Universitas Sarjanawiyata Taman siswa.

Rahimah, Desi Sayyidati dan Pujiastuti, Eni. 2016. Prospek Bisnis Buah Tin. Depok: Trubus Swadaya.

Sofyan, A. dan I. Muslimin.2007.Pengaruh Asal Bahan dan Media Stek Terhadap Pertumbuhan Stek Batang Tembesu (Fragraea fragarance ROXB). Prosiding Expose Hasil-hasil penelitian. Balai Litbang Tanaman Palembang.

Sumarna, Y. 2002. Budidaya Jati. Jakarta: Penebar swadaya.

Supriadi, S 2006. Peluang Usaha dan Solusinya. http://www.Majalah Pengusaha.com. Diakses pada Senin, 26 September 2019.

Sutanto, Agus, dan Qurniani, Arifah. 2015. Variasi Dosis Pupuk Cair Lcn (Limbah Cair Nanas) terhadap Pertumbuhan Anggrek Dendrobium Sp untuk Menyusun Panduan Praktikum. Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 3 No. 1 Mei 2015 ISSN: 2338-6630.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v7i1.1727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP