PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Tri Andri Setiawan Tri Andri Setiawan

Abstract


Pembelajaran berbasis masalah merupakan metode yang menggunakan kegiatan pembelajaran dengan menyajikan situasi masalah kepada mahasiswa secara autentik dan bermakna sehingga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan penyelidikan. Pembelajaran berbasis masalah dapat membantu mahasiswa dalam pemecahan masalah yang ada di lingkungan sehingga mampu membentuk pola pikir sesuai pemikiran yang dimiliki. Pola pikir mahasiswa dapat dibentuk melalui proses pembelajaran dengan melatih mahasiswa untuk menggunakan keterampilan metakognitif. Penelitian ini diperoleh data-data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Dimana data kualitatif merupakan data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberikan gambaran tentang kegiatan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran berdasarkan hasil observasi pengamat. Sedangkan data kuantitatif merupakan data untuk mengetahui peningkatan keterampilan metakognitif mahasiswa yang dapat dianalisis secara deskriptif. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen untuk membantu pembentukan metakognitif mahasiswa yaitu dengan membiasakan mahasiswa membuat peta konsep. Peta konsep akan membantu pembentukan pola pikir mahasiswa dengan membuat materi yang rumit menjai lebih sederhana dengan pemilahan konsep-konsep penting dalam bentuk bagan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perolehan nilai peta konsep yang telah mahasiswa buat, memiliki integrasi dengan skor nilai metakognitif yang mereka peroleh sehingga dapat diartikan bahwa penggunaan peta konsep dalam pembelajaran jika dilakukan secara terus menerus dan pembimbingan yang intensif dapat juga melatih pembentukan keterampilan metakognitif mahasiswa.

References


Ardiana, Fita. 2013. Pengaruh kemampuan akademik terhadap Keterampilan Metakognitif dan Retensi Siswa pada Pembelajaran Biologi kelas X dengan Penerapan Strategi Jigsaw. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Malang.

Arifa, Amalia Beladinna. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Metakognitif dan hasil belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Teknik, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Habibah, Kurnia Nurul. 2015. Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi pada Penerapan Strategi Pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berfikir Melalui Pertanyaan) diapdu TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas XI IPA di Malang. Tesis tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Ibrahim, Muslimin. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah: Latar Belakang, Konsep Dasar dan Contoh Implementasinya. Semarang: Unesa University Press.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Leader, S.W. 2008. Metacognition Among Student Identified as Gifted or Nongifted using the discover assesment (online) http://arizona.openrepository.com/arizona/bitstream/10150/193777/1/azu_etd_2738_sip1_m.pdf

Novak, Joseph D. & Alberto J. Canas. 2008. The Theory Underlying Concept Maps and How to Construct and Use Them (Online) http://cmap.ihmc.us/docs/theory-of-concept-maps akses pada Rabu, 16 September 2015.

Novak,Joseph D dan D.Bob Gowin. 1984. Learning How To Learn. New York: Cambridge University Press

Sriyati,Siti. 2012. Peta Konsep. (Online) http:// file.upi. edu/Direktori /FPMIPA /jur._pend._biologi/196409281989012-siti_sriyati /Kumpulan _artikel_5/peta_konsep.pdf, diakses pada 21 September 2015

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprayekti. 2004. Interaksi Belajar Mengajar.Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Pendidikan.

Tan, Oon-Seng. 2003. Problem-based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Tan, Oon-Seng. 2004. Enhancing Thinking Through Problem-based Learning Approaches. Singapore: Thomson Asia Pte Ltd.

Wijayanti, Rini. 2015. Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif dengan Hasil Belajar Konsep Mol Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mejayan Madiun. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang.

WikiHow. 2015. How to Make a Concept Map (Online) www.wikihow.com/Make-a-Concept-Map akses pada Rabu, 16 September 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v7i1.1724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP